Perhatikan Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Yang Bikin Nyaman, Jangan Asal Bun

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Menggendong bayi baru lahir perlu memperhatikan beberapa hal, terutama berangkaian dengan aspek keamanan. Bunda perlu tahu langkah menggendong bayi baru lahir nan membuatnya tetap nyaman.

Dikutip dari laman Nurtured Birth, ada sejumlah faedah luar biasa dari menggendong bayi. Salah satunya meningkatkan bonding dengan Bunda.

Terutama untuk bayi baru lahir, masa-masa awal kehidupannya setelah lahir adalah waktu penyesuaian nan penting. Bayi memerlukan waktu sekitar 3 bulan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar kandungan dan sering disebut sebagai 'trimester keempat'.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Kebutuhan terbesar bayi baru lahir pada masa ini adalah berada sedekat mungkin dengan Bunda, menyusu dan diberi kasih sayang. Cara menggendong bayi baru lahir nan tepat pun bakal memberikan mereka rasa kondusif dan nyaman. 

Saat Bunda menggendong Si Kecil, bakal ada lebih banyak berinteraksi dan bonding kian meningkat seiring waktu.

Cara menggendong bayi baru lahir 

Dikutip dari laman Healthline, langkah menggendong bayi baru lahir tak sekadar soal memilih posisi, tapi juga langkah krusial secara keseluruhan. Berikut ulasannya, Bunda:

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Selalu pastikan tangan Bunda bersih sebelum menggendong bayi. Sistem kekebalan tubuhnya tetap berkembang, sehingga kuman apa pun nan ada di tangan penggendong berisiko dapat membuatnya sakit. Jadi, bersihkan tangan setiap kali sebelum menggendong Si Kecil, ya.

2. Utamakan kenyamanan

Kenyamanan adalah salah satu perihal terpenting dalam menggendong bayi baru lahir. Tidak hanya nyaman secara fisik, tetapi Bunda juga perlu merasa percaya diri melakukannya. Rata-rata dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk menemukan posisi nan nyaman saat menggendong bayi.

3. Beri penopang nan tepat

Saat menggendong bayi baru lahir, sangat krusial untuk selalu menopang kepala dan lehernya. Kepala bayi adalah bagian terberat dari tubuhnya saat lahir, jadi krusial untuk memberi perhatian lebih pada bagian ini, Bunda. 

Selain itu, bayi baru lahir juga belum mempunyai kontrol otot leher nan krusial untuk menjaga kepala mereka tetap tertopang. Kemampuan ini biasanya baru tercapai menjelang usia 4 bulan. 

4. Pilih posisi nan tepat

Menggendong dimulai dengan mengangkat tubuh bayi. Saat bakal melakukannya, letakkan satu tangan di bawah kepala bayi dan tangan lain di bawah bokongnya. Kemudian secara perlahan  angkat tubuh bayi setinggi dada Bunda.

Selama Bunda menopang kepala dan leher bayi, lanjutkan dengan posisi nan diinginkan. 

Macam-macam posisi menggendong bayi baru lahir

Cara Menggendong Bayi KembarIlustrasi langkah menggendong bayi/Foto: Tim HaiBunda/Atma

Berikut beberapa posisi menggendong bayi baru lahir nan dapat Bunda terapkan:

1. Menggendong dengan posisi tengkurap

Menurut master ahli anak, dr. Aisya Fikritama, Sp.A, langkah nan satu ini bisa dijadikan pilihan ketika bayi rewel.

"Menggendong dengan posisi tengkurap ini bisa dilakukan ketika bayi rewel. Caranya adalah dengan posisi bayi tengkurap sementara bagian kepala dan leher berada di salah satu bagian lengan dalam dan ujung telapak tangan Bunda menopang tubuh bayi bagian bawah," tutur dr Aisya kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

"Jangan sampai wajah bayi tertutup dan Bunda bisa menepuk punggung bayi dengan tangan nan lain," imbuh dr. Aisya.

2. Menggendong sembari memeluk

Langkah pertama adalah mengangkat kepala dan leher bayi dengan satu tangan dan tangan lainnya untuk memegang bagian pantat.

"Jadi caranya gunakan salah satu tangan untuk mengangkat kepala dan leher bayi, kemudian tangan satunya untuk menyangga bokongnya," jelas master nan juga berpraktik di RS UNS ini.

3. Menggendong di bahu

Atur posisi tubuh bayi sejajar dengan tubuh Bunda, angkat kepalanya setinggi bahu. Sandarkan kepalanya di dada dan bahu Bunda sehingga dia dapat memandang ke belakang penggendong.

Letakkan satu tangan di kepala dan lehernya, dan tangan lain menopang pinggul bayi. 

Demikian ulasan tentang langkah menggendong bayi baru lahir nan bikin nyaman. Sesuaikan dengan kenyamanan Bunda juga dan pastikan bagian kepala serta leher Si Kecil tertopang dengan baik. Semoga bermanfaat.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fir/fir)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda