Pakar Ungkap Masuk Sekolah Lebih Siang Bermanfaat Bagi Perkembangan Anak

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Tahukah Bunda? Masuk sekolah lebih siang disebutkan bisa berfaedah bagi perkembangan anak. Hal ini berangkaian dengan jam tidur nan lebih lama dan meningkatkan prestasi akademik di sekolah.

Sebagian besar sekolah di Indonesia menerapkan jam masuk sekitar pukul 06.30-07.00 waktu setempat. Sebelum berangkat, paling tidak anak kudu bangun sekitar 1 jam sebelumnya. Hal ini bisa lebih pagi jika jarak rumah dengan sekolah cukup jauh.

Jika dibandingkan dengan negara-negara di Eropa, nan mempunyai kualitas pendidikan lebih baik, anak-anak berangkat lebih siang pada pukul 08.00-09.00 pagi waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Di Swedia sekolah-sekolah dimulai pukul 08.00 pagi dan Finlandia pukul 08.15 pagi. Kemudian, Belanda dan Perancis mulai pukul 08.30 pagi. Sementara itu, Amerika Serikat umumnya sekolah dimulai pukul 08.00 pagi untuk SMP dan pukul 08.30 untuk SMA.

Masuk sekolah terlalu pagi bisa mengganggu kualitas tidur anak

Profesor ilmu jiwa Fordham University di New York, Tiffany Yip, Ph.D., nan juga ibu dari dua siswa remaja, telah mengumpulkan sebanyak mungkin penelitian nan dia bisa temukan dan menganalisis info secara keseluruhan.

Terutama mengenai sesuatu nan belum banyak dipelajari peneliti tentang akibat masuk sekolah lebih siang. Ini juga berangkaian dengan latar belakang ekonomi nan ada.

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dari organisasi sosial ekonomi nan lebih tinggi sudah mempunyai tidur nan lebih baik, lantaran faktor-faktor seperti lingkungan nan lebih aman, lebih sedikit kebisingan dan polusi cahaya, dan jam kerja nan lebih teratur. Selain itu, orang tua dari organisasi ini mungkin lebih condong melakukan pembelaan terhadap penundaan waktu mulai sekolah,” ujar Yip, dikutip dari laman detikcom, Rabu (1/5/2024).

“Dalam kajian ini, saya bertanya-tanya apakah penundaan waktu mulai sekolah bakal terus memperburuk kesenjangan antara siswa dari latar belakang sosial ekonomi nan berbeda,” imbuhnya.

Faktanya, menurut American Academy of Pediatrics, masuk sekolah pukul 8 pagi dinilai terlalu awal untuk remaja, Bunda. Hal ini berangkaian dengan remaja nan kurang tidur, sehingga dapat mengalami beberapa akibat kesehatan.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/asa)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda