Cara Merawat Tali Pusar Bayi Setelah Puput Agar Cepat Kering

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Ketika bayi baru lahir, Bunda dan Ayah perlu melakukan perawatan ekstra. Terlebih pada tali pusar mereka nan belum puput.

Tali pusar merupakan jaringan ikat nan berbentuk saluran nan menghubungkan bayi dengan plasenta Bunda. Meski sudah dipotong ketika lahir, sisanya tetap menempel pada bagian perut bayi.

Mengutip dari laman Mayo Clinic, tali pusar bakal membawa nutrisi dan oksigen ke bayi selama masa kehamilan. Setelah terlahir, tali pusar pun sudah tidak dibutuhkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Ketika lahir, master dan tenaga kesehatan lain bakal menjepit dan memotong tali pusar mereka. Dengan begitu, hanya bakal tersisa tali pusar berukuran pendek.

Kapan tali pusar lepas?

Dirangkum laman What To Expect, tali pusar umumnya bakal mengering dan lepas ketika bayi berumur tiga  minggu. Hal ini juga disetujui oleh American Academy of Pediatrics (AAP).

Ada kemungkinan tali pusar bakal lenyap dalam waktu nan lebih cepat, Bunda. Namun, jika tali pusar tetap terus menempel dalam waktu nan lebih lama, segera periksakan ke dokter, ya.

Cara merawat tali pusar bayi setelah puput

Melansir dari beragam sumber, ada beberapa perihal nan bisa Bunda lakukan untuk merawat tali pusar bayi nan telah lepas agar sigap kering. Berikut ini deretannya:

1. Selalu jaga kebersihannya

Ketika pusar bayi kotor, cobalah untuk membersihkannya secara perlahan dengan menggunakan waslap basah. Kemudian, tepuk-tepuk area tersebut dengan kain nan kering.

Saat memandang pusar bayi kotor, jangan bersihkan dengan menggunakan sabun, ya. Hal ini dapat mengiritasi kulit bayi nan tetap lembut.

2. Mandikan dengan spons

Jangan mencelupkan pusar Si Kecil ke dalam air meskipun tali pusarnya sudah puput, Bunda. Cukup mandikan mereka menggunakan spons.

Setelah tali pusar lepas, jangan ragu untuk memandikan bayi di bak mandi. Meski begitu, tetap bersihkan bagian pusar secara perlahan dan hati-hati.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang langkah lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda