Andien Kenang Rasanya Mengandung 4 Th Lalu, Merasa Jadi Perempuan Kuat Setiap Kali Hamil

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Tak dapat dipungkiri, kehamilan memang merupakan suatu hidayah nan diberikan oleh Tuhan kepada sepasang suami istri. Meskipun telah melalui kehamilan, seorang Bunda bakal selalu mengenang masa-masa penuh perjuangan tersebut seumur hidupnya. 

Hal ini juga dialami oleh penyanyi asal Tanah Air ialah Andien, Bunda. Sejak tahun 2015, sang penyanyi telah menjalin hubungan rumah tangga dengan suaminya Irfan Wahyudi. Dari pernikahannya tersebut, pasangan nan satu ini telah dikaruniai dua anak, ialah Kawa dan Tabi. 

Tak terasa, sekarang kedua anaknya beranjak semakin besar. Sang anak sulung Kawa saat ini telah berumur 7 tahun dan adiknya Tabi sudah berumur 4 tahun. Dengan semakin bertambahnya usia kedua anak ini, Andien kembali mengingat momen dia terakhir mengandung pada 2020. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Merasa jadi wanita berkekuatan saat mengandung 

Meski dapat dibilang bahwa kehamilan itu merupakan perjuangan nan tidak mudah, Andien merasa masa-masa dia mengandung tersebut justru membikin dirinya merasa seperti wanita nan berdaya. 

Melalui akun IG pribadinya, Andien pun menceritakan pengalaman dirinya saat terakhir kali menjalani kehamilan empat tahun nan lalu. Saat tengah mengandung anaknya, pelantun lagu Milikmu Selalu ini merasa mempunyai banyak energi. 

Di saat mengandung ini juga, Andien kerap kali mendapatkan pertanyaan dari orang-orang di sekitarnya mengenai kemampuannya melakukan beragam hal. Banyak nan meragukan jika penyanyi nan satu ini sanggup untuk menjalani beragam aktivitas lantaran sedang hamil. 

Namun demikian, Andien selalu menjawab bahwa kondisi nan dialami oleh dirinya saat itu adalah menjalani kehamilan bukan sedang menderita suatu penyakit. Oleh lantaran itu, tentu dia tetap merasa sanggup melakukan banyak kegiatan. 

“Setiap hamil, saya tuh merasa sangat berkekuatan sebagai perempuan. Kalo ada nan nanya, ‘Emang bisa lo ngelakuin A, B, C? Kan lagi hamil’ .. Aku selalu jawab, ‘Perempuan mengandung kan bukan wanita sakit’,” ujar penyanyi sekaligus aktris tersebut dalam akun Instagramnya @andienaisyah.  

Bahkan, Bunda dua anak ini mengaku dirinya justru merasa lebih kuat ketika hamil. Sebab, saat usia kehamilannya sudah mencapai trimester ketiga, Andien pun sukses melakukan lari maraton dengan jarak sepanjang 10 kilometer.

Baginya, perihal ini dapat terjadi lantaran terdapat dua jiwa nan berada di dalam tubuhnya, ialah jiwa dirinya sendiri dan sang janin. 

“Di banyak momen, saya justru merasa lebih kuat, lantaran ada dua jiwa dalam satu raga. Mungkin, ini juga nan bikin saya bisa finished 10K di trimester 3 kali yaa,” sambungnya. 

Alami fase nesting saat hamil

Lebih lanjut, Andien juga menjelaskan bahwa dia sempat mengalami fase nesting saat hamil. Melansir dari What to Expect, nesting adalah sebuah kondisi nan umum dialami menjelang persalinan di mana ibu mengandung bakal mempunyai hatikecil kuat untuk membersihkan dan merapikan rumah untuk mempersiapkan kehadiran bayinya. 

“Oh iya, sebelum melahirkan.. Ada sebuah fase nan namanya 'nesting'. Seperti namanya, ibu mengandung bakal punya hatikecil alami untuk 'mengeram'. Biasanya bakal lebih senang ada di rumah dan menata-nata banyak hal,” jelas Andien. 

Ketika dia sedang mengandung Tabi, rupanya fase nesting nan dialami oleh Andien terasa lebih signifikan. Bunda nan satu ini pun membagikan fotonya nan kala itu tengah membereskan rumahnya sejak pagi hingga sore hari. 

“Fase nesting ketika mengandung Tabi, terasa jauh lebih jelas. Aku declutter seisi rumah, menata satu persatu. Instingku seolah mau menyambut Tabi datang dalam keadaan proper, pokoknya beberes, Netflix, and chill,” tambah wanita kelahiran 1985 tersebut.  

Bunda, itulah kisah penyanyi Andien nan kenang kembali momen-momen saat mengandung anaknya empat tahun nan lalu. Beruntung, dia banyak mengalami perubahan positif hingga merasa menjadi wanita berdaya.

Lalu, upaya apa saja ya nan kudu dilakukan agar Bunda dapat menjalani kehamilan tanpa rasa stres? Ketahui jawabannya pada laman berikutnya ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda