Anak Umur 2 Tahun Belum Bisa Jalan, Apa Yang Perlu Dilakukan?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Menginjak usia 9 bulan, beberapa anak sudah mulai belajar berdiri, lampau tertatih, melangkah, kemudian berjalan. Namun tidak semua anak mengalami perkembangan seideal itu. Bahkan ada anak umur 2 tahun belum bisa jalan. Jika ini nan terjadi orang tua mesti menyadari perihal tersebut.


Jika merunut pada tugas perkembangan, anak umur 2 tahun belum bisa jalan mesti ada sesuatu nan terjadi pada proses tumbuh kembangnya. Karenanya mesti dilakukan pemeriksaan medis oleh master anak. Jangan tunda untuk berkonsultasi ke master anak untuk mengetahui apakah ada masalah serius nan perlu segera diintervensi.


Penyebab Anak Umur 2 Tahun Belum Bisa Jalan

Disaat kawan sebayanya sudah lincah melangkah apalagi berlari-lari kecil, ada anak umur 2 tahun belum bisa berjalan. Orang tua tentu cemas ada masalah dalam perkembangan motoriknya. Sebab berasas tugas perkembangan anak-anak idealnya sudah bisa melangkah ketika menginjak usia 11-15. Dan pemisah maksimal bisa melangkah pada usia 18 bulan alias 1,5 tahun.


Anak umur 2 tahun belum bisa jalan merupakan bukti adanya keterlambatan dalam perkembangannya. Keterlambatan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti aspek fisik, mental, lingkungan, genetik, dan kesehatan. Misalnya aspek genetik alias keturunan dimana orang tuanya dulu mengalami perihal nan sama. Faktor kesehatan juga ikut andil, balita nan menderita beberapa penyakit bisa jadi mengalami keterlambatan berjalan. Termasuk bayi nan lahir prematur bakal tumbuh lebih lambat dari bayi lain pada usia nan sama.


Faktor penyebab lain anak umur 2 tahun belum bisa jalan adalah aspek lingkungan. Lebih spesifiknya penggunaan baby walker di rumah, alih-alih melatih melangkah justru sebaliknya. Penggunaan baby walker, gendongan, nan terlalu sering justru tidak membantu bayi mengembangkan otot-otot nan diperlukan dalam melatih keahlian berjalannya.


Umumnya anak-anak batita ini sangat mau berjalan, dia selalu antusias untuk bergerak bebas, hanya saja orang tua, pengasuh alias orang dewasa lainnya, sering kali tidak sabar memenuhi kemauan melangkah tersebut. Jika ini nan terjadi, sangat wajar anak umur 2 tahun belum bisa jalan.


Terlambat melangkah juga dikaitkan dengan masalah perkembangan motorik lembut seperti kelainan saraf nan dialami anak. Itu sebabnya jika anak umur 2 tahun belum bisa jalan, orang tua mesti segera konsultasikan ke master anak guna melakukan pemeriksaan secara menyeluruh seperti pemeriksaan neurologis, penilaian refleks, postur dan tonus otot. Dokter juga bakal mempertimbangkan masalah perkembangan lainnya termasuk bahasa, motorik lembut dan keahlian sosial.


Sebab, anak umur 2 tahun belum bisa jalan juga kemungkinan ada keterlambatan dalam keahlian duduk juga merangkak.



Tanda-Tanda Balita Bisa Berjalan

Berdasarkan pedoman nan dirilis oleh Centers for Disease Control and Prevention tahun 2022, nan menyebut balita kudu melangkah tanpa support pada akhir usia 18 bulan. Anak nan tidak menunjukkan tanda-tanda melangkah alias tidak bisa melangkah tanpa support dianggap mengalami keterlambatan.


Tidak semua bayi merangkak sebelum berjalan, ada nan berlari cepat, apalagi bergulir dari satu tempat ke tempat lain. Masih dari rekomendasi CDC, disebutkan bahwa tanda-tanda balita bisa melangkah apapun langkah nan dilakukan bayi tersebut, merangkak alias tidak, namun bayi kudu bisa bergerak menarik tubuhnya untuk berdiri, memegang barang seperti furniture untuk berjalan, alias berdiri tanpa bantuan.


Jika bayi sudah menunjukkan salah satu dari tiga indikasi tersebut, Mums bisa membantu bayi memaksimalkan keahlian berjalannya dengan beragam langkah di antaranya:


  • Pegang tangan bayi dan bantu dia berdiri dan melangkah

  • Gunakan mainan sorong nan stabil setelah anak dapat melangkah beberapa langkah dan berdiri dengan dukungan.

  • Hindari menggunakan perangkat bantu jalan karena berisiko terjatuh dan menyebabkan cidera.

  • Jauhkan barang alias mainan nan mengganggu, menghalangi alias berisiko terjatuh dan membahayakan bayi saat dia belajar berjalan.



Memang tidak semua anak mulai melangkah pada usia nan sama. Ada nan sedikit lebih awal, ada pula nan lebih lambat. Tetapi jika sudah melewati pemisah kondusif ialah usia 18 bulan, anak tak kunjung bisa berjalan, jangan diabaikan. Orang tua mesti peka terhadap perkembangan motorik anak. Jangan anggap remeh anak umur 2 tahun belum bisa jalan. Segera konsultasikan ke master anak terdekat.



Referensi

https://www.babycenter.com/toddler/development/your-child-doesnt-walk-yet_12579

https://healthnews.com/family-health/child-health/reasons-for-late-walking-in-toddlers/#google_vignette




Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan