Waktu Tepat Ikut Postnatal Yoga Untuk Kembalikan Bentuk Tubuh Setelah Melahirkan

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Jakarta -

Perut buncit dan otot perut kendur pasca melahirkan bisa membikin seorang Bunda kehilangan rasa percaya dirinya. Tak ayal, banyak Bunda melakukan segala upaya untuk mengembalikan corak tubuhnya.

Tapi, mengembalikan corak tubuh bukan perkara mudah. Selain prosesnya tak singkat, Bunda juga perlu memilih jenis program nan sesuai dengan kondisi tubuh.

Nah, salah satu jenis program nan cukup efektif mengembalikan corak tubuh pasca melahirkan adalah postnatal yoga. Latihan bentuk ini bisa mengembalikan kegunaan otot inti (core) nan berubah lantaran kehamilan. Selain itu, postnatal yoga juga bisa menenangkan pikiran seorang ibu baru.


"Setelah melahirkan itu kita perlu memperbaiki core. Yoga ini dapat membantu mengembalikan posisi core ibu," kata Instruktur Prenatal dan Postnatal Yoga, Anisa Bella Anggraini alias berkawan disapa Ica.

"Lalu, semakin anak besar, ibunya juga kudu ngikutin beban anak itu kan. Kalau ibunya enggak olahraga, susah untuk mengejar pertumbuhan anak," sambungnya dalam aktivitas Mom & Baby Yoga oleh Loluna Calming Cream Launch Event di Jakarta Selatan, Rabu (3/7/24).

Postnatal yoga dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk Bunda nan belum pernah mengikuti kelas. Nantinya, pembimbing yoga bakal memberikan pilihan aktivitas sesuai keahlian Bunda.

"Gerakan yoga mau se-ekstrem apa pun, di awal kelas pasti mulai dari 0 dulu. Jadi tergantung ibunya. Kita kasih pilihan jika belum bisa ya tidak dipaksakan. Jadi yoga in bisa dilakukan oleh semua ibu setelah melahirkan dan aman," ujar Ica.

Ilustrasi YogaIlustrasi Yoga/ Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid

Waktu tepat ikut postnatal yoga

Bunda dapat mengikuti kelas postnatal yoga setelah betul-betul pulih. Sebelum ikut kelas, pastikan juga sudah mendapat izin dari dokter.

Menurut Ica, seorang Bunda sudah bisa ikut kelas yoga setelah 6 minggu melahirkan pervaginam. Sementara bagi nan melahirkan melalui operasi caesar bisa menunggu sedikit lebih lama lagi.

"Jadi, ibunya mesti dapat izin dulu dari dokternya. Kalau melahirkan normal, itu biasanya sudah bisa 6 minggu setelah melahirkan normal alias pervaginam. Kalau caesar 8 minggu untuk memastikan luka di luar dan di dalam jejak jahitan sudah sembuh. Kalau master sudah kasih izin, kita bisa mulai olahraga," ungkapnya.

Nah, lama waktu postnatal yoga dapat berbeda pada setiap ibu. Misalnya, jika Bunda mau mengatasi diastasis recti (terpisahnya otot rektus abdominis di perut), maka latihan intens dapat dilakukan selama dua bulan penuh.

Postnatal yoga pada kondisi tersebut juga perlu mendapatkan pendampingan dari pembimbing bersertifikat. Nantinya, pembimbing bakal menilai jenis latihan nan cocok untuk mengembalikan core sekaligus mengatasi diastasis recti.

"Setiap ibu beda kasus. Jadi starting point setelah melahirkan mau olahraga itu bagusnya di assessment sama pembimbing nan sudah tersertifikasi, untuk mengetahui dari mana dimulai dan apa nan mau dicapai," ungkap Ica.

"Misalnya, dua bulan itu intens, 2-3 kali latihan per minggu buat dapat hasil nan cepat. Kalau memang niat banget intens, itu hasilnya bisa terlihat Bukan hanya gap-nya mengecil (jarak otot rektus abdominis), tapi juga fungsinya bisa kembali. Jadi, ibu kayak merasa perutnya sudah enggak kendur."

Bila Bunda mau mulai postnatal yoga, Ica menyarankan untuk ikut kelas unik dengan pembimbing nan terlatih. Sebab, latihan untuk mengembalikan kegunaan core setelah melahirkan berbeda dengan orang nan mau membentuk perut sixpack.

"Rekomendasi postnatal yoga ini baiknya 150 menit per minggu, dibagi menjadi 2-3 kali per minggu selama satu jam. Kalau untuk latihan core baiknya ada pembimbing nan sudah tersertifikasi. Kalau kita hanya nonton dari video di YouTube, itu rasanya bakal beda dengan latihan langsung sama instruktur," ungkap Ica.

"Kalau nan umum diketahui kan core itu latihan buat six pack, tapi jika untuk ibu nan baru melahirkan itu tujuannya untuk mengembalikan core dan healing. Jadi saran saya ke tempat alias pembimbing nan sudah berpengalaman," sambungnya.

Demikian penjelasan master tentang faedah dan waktu tepat postnatal yoga. Gimana? Bunda tertarik untuk ikut kelas ini?

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(ank/ank)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda