Sudah Minum Pil Kb Tapi Tidak Haid, Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Menggunakan kontrasepsi oral alias pil KB adalah salah satu metode nan paling umum dan cukup efektif untuk mencegah kehamilan.

Namun, banyak wanita nan mengalami kekhawatiran ketika mereka tidak menstruasi meskipun sudah mengonsumsi pil KB secara rutin.

Kali ini, Bubun bakal membahas pengaruh samping pil KB, penyebab tidak menstruasi setelah minum pil KB, kemungkinan kehamilan, dan langkah mengatasi situasi ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Efek samping pil KB

Menurut Planned Parenthood, hormon dalam pil KB mungkin menimbulkan pengaruh samping pada beberapa orang. Namun perihal ini tidak terjadi pada semua orang, banyak orang menggunakan pil tanpa masalah. 

Setelah mulai minum pil KB, beberapa orang mungkin mengalami: 

  • Sakit kepala 
  • Mual
  • Payudara nan sakit
  • Perubahan menstruasi (maju, mundur, alias berakhir sama sekali saat menggunakan pil)
  • Bercak (pendarahan diantara periode menstruasi alias keluarnya cairan berwarna cokelat)

Kabar baiknya adalah pengaruh samping ini biasanya lenyap dalam 2-3 bulan. Jadi jika Bunda baru saja mulai menggunakan pil dan Bunda mengalami pengaruh samping nan mengganggu, cobalah untuk tidak meminumnya dan berikan kesempatan pada tubuh untuk menyesuaikan diri dengan hormon. 

Alat kontrasepsi semestinya tidak membikin Bunda merasa sakit alias tidak nyaman. Jika Bunda tetap tidak menyukai pengaruh pil setelah beberapa bulan, bicarakan dengan perawat alias dokter.

Mereka mungkin menyarankan merek pil alias metode kontrasepsi lain. Beberapa orang mencoba beberapa jenis pil alias metode KB nan berbeda sebelum menemukan nan tepat. Dan ingat, jika Bunda berakhir minum pil dan tidak menggunakan metode kontrasepsi lain, Bunda bakal langsung berisiko hamil.

Pil KB telah ada selama beberapa dekade, dan jutaan orang telah menggunakannya dengan aman. Efek samping pil KB tidak rawan (walaupun ada beberapa kemungkinan akibat jika meminum pil, seperti halnya obat apa pun). Bunda selalu dapat menghubungi perawat alias dokter, jika Bunda mempunyai kekhawatiran saat menggunakan pil.

Infografis Pil KB Mahal vs Pil KB Murah Mana Lebih Efektif?Infografis Pil KB Mahal vs Pil KB Murah Mana Lebih Efektif?/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Penyebab minum pil KB tapi tidak haid

Menurut laman Flo Health, pil KB bekerja dengan memasukkan hormon berbeda ke dalam tubuh, nan dapat memengaruhi siklus menstruasi. Akibatnya, beberapa wanita mungkin mengalami pendarahan ringan, sementara nan lain mungkin tidak mendapatkan menstruasi sama sekali. Namun, ada beberapa argumen lain kenapa wanita bisa melewatkan menstruasi saat menggunakan pil KB.

"Ada beberapa argumen kenapa menstruasi bisa berakhir saat menggunakan kontrasepsi hormonal, termasuk perubahan corak kontrasepsi, stres, perubahan pola makan, olahraga, ketidakseimbangan hormon, dan kondisi kesehatan nan mendasarinya," kata Monique Rainford, MD, Dokter Kandungan-Ginekologi, dilansir dari Very Well Family.

Apakah pertanda hamil? 

Tanda dan indikasi awal kehamilan nan paling umum menurut Mayo Clinic mungkin meliputi:


1. Telat menstruasi

Jika Bunda sedang dalam masa subur dan satu minggu alias lebih telah berlalu tanpa dimulainya siklus menstruasi nan diharapkan, Bunda mungkin hamil. Namun indikasi ini bisa menyesatkan jika Bunda mempunyai siklus menstruasi nan tidak teratur.


2. Payudara lembut dan bengkak

Di awal kehamilan, perubahan hormonal mungkin membikin tetek Bunda sensitif dan nyeri. Ketidaknyamanan ini kemungkinan bakal berkurang setelah beberapa minggu seiring tubuh Bunda menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.


3. Mual dengan alias tanpa muntah

Mual sering kali dimulai satu hingga dua bulan setelah Bunda hamil. Namun, ada pula wanita nan merasakan mual lebih awal dan ada pula nan tidak pernah mengalaminya. Meskipun penyebab mual selama kehamilan belum jelas, kemungkinan besar hormon kehamilan berkedudukan dalam perihal ini.

4. Peningkatan buang air kecil

Bunda mungkin mendapati diri Bunda buang air mini lebih sering dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Bunda meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal Bunda memproses cairan ekstra nan berhujung di kandung kemih Bunda.

5. Kelelahan

Kelelahan juga menempati ranking tinggi di antara indikasi awal kehamilan. Belum ada nan mengetahui secara pasti apa penyebab kantuk saat mengandung trimester pertama. Namun, peningkatan pesat kadar hormon progesteron selama awal kehamilan mungkin menyebabkan kelelahan.

Cara mengatasi terlambat haid

Jika Bunda tidak mendapatkan menstruasi meskipun sudah minum pil KB, berikut beberapa langkah nan dapat diambil:

1. Tetap tenang dan tunggu

Kadang-kadang, tubuh hanya memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan pil KB. Jika Bunda baru saja mulai menggunakan pil alias mengganti jenis pil, tunggu beberapa bulan untuk memandang apakah siklus menstruasi Bunda kembali normal.

2. Konsultasi dengan dokter

Jika Bunda tidak mendapatkan menstruasi setelah beberapa bulan alias mengalami indikasi nan mengkhawatirkan, krusial untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak ada kondisi medis nan mendasarinya.

3. Lakukan tes kehamilan

Jika Bunda melewatkan satu alias lebih periode menstruasi dan mencurigai kemungkinan hamil, lakukan tes kehamilan untuk memastikannya.

4. Kelola stres

Mengelola stres melalui teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, alias olahraga ringan dapat membantu menormalkan siklus menstruasi.

5. Jaga berat badan

Pastikan Bunda mempunyai berat badan nan sehat. Konsultasi dengan mahir gizi dapat membantu menyesuaikan diet dan kebiasaan makan untuk mencapai berat badan nan ideal.

6. Ganti metode kontrasepsi

Jika pil KB nan Bunda gunakan menyebabkan masalah menstruasi nan berkelanjutan, pertimbangkan untuk berbincang dengan master tentang mengganti metode kontrasepsi nan lebih cocok dengan tubuh Bunda.

Tidak menstruasi setelah minum pil KB bisa menjadi pengalaman nan membingungkan dan menimbulkan kekhawatiran. Memahami pengaruh samping pil KB dan faktor-faktor lain nan mempengaruhi siklus menstruasi adalah langkah pertama untuk mengatasi masalah ini.

Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk mendapatkan nasihat nan tepat dan memastikan kesehatan reproduksi Bunda tetap terjaga.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda