Raffi Dan Nagita Berangkat Haji Serombongan, Intip Biaya Haji Furoda Dan Fasilitasnya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menunaikan ibadah haji. Keduanya membujuk lima personil family dan tiga karyawan. Raffi dan Nagita rupanya berangkat haji melalui jalur furoda dan tidak endorse, Bunda.

Perwakilan pihak travel nan memberangkatkan rombongan haji Raffi dan Nagita, Idawati Pasaribu, membenarkan berita tersebut. Menurut Idawati, Raffi dan Nagita bayar sendiri perjalanan untuk ibadah ini.

"Ini bukan endorse. Alhamdulillah mungkin seperti kata rekan saya, ini takdir dari Allah," kata Idawati Pasaribu saat ditemui di area BSD, Tangerang Selatan, Jumat (7/6/24), dikutip dari detikcom.


Raffi sendiri memutuskan berangkat haji tahun ini setelah beberapa kali batal, Bunda. Ayah dua anak ini mengatakan bahwa nan terpenting saat berangkat haji adalah niat dan panggilan.

"Niatnya aja dulu paling utama insyaallah berangkat," ujar Raffi Ahmad.

Apa itu haji furoda?

Berangkat haji melalui jalur furoda bukan perihal baru lagi, Bunda. Program haji ini diperuntukkan bagi jemaah nan tak mau menunggu lama pergi ke Tanah Suci, alias tanpa melalui antrean pemerintah.

Ketentuan mengenai haji furoda telah diatur dalam UU No. 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Ini merupakan program haji nan mendapat kuota unik dari pemerintah Arab Saudi, legal, dan resmi berasas norma tersebut.

Jamaah nan melakukan haji furoda bakal pergi ke Tanah Suci menggunakan visa Mujamalah. Visa nan didapatkan langsung dari pemerintah Arab Saudi ini memungkinkan Bunda untuk berangkat tanpa kudu melalui proses antrean.

Nah, jemaah nan mau melakukan haji furoda perlu mendaftar melalui pemasok perjalanan nan resmi dan telah terdaftar sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di Kementerian Agama (Kemenag). Agen perjalanan ini juga kudu mempunyai izin nan tetap berlaku.

Meski pada praktiknya haji furoda tidak ditangani langsung oleh pemerintah, ada patokan nan kudu dipatuhi oleh PIHK dan jemaah. Hal tersebut dilakukan agar keamanan dan kelancaran perjalanan haji bisa didapatkan oleh jemaah.

Lantas, berapa biaya naik haji melalui haji furoda ya? Apa saja akomodasi nan bisa didapatkan jemaah jika berangkat haji furoda?

Selengkapnya dapat dibaca di laman berikutnya ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda