Penyebab Rajin Menabung Tapi Masih Miskin, Salah Satunya Karena Tak Ada Tujuan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Saat menabung, Bunda tentu sudah mempunyai tujuan alias kemauan jangka pendek. Namun tentunya, menabung kudu disertai dengan komitmen nan luar biasa.

Tak jarang, orang seringkali merasa tabungan mereka mudah terkuras alias hanya sekadar 'numpang lewat'.

Kemungkinan besar, perihal itu terjadi lantaran beberapa aspek baik dari diri sendiri ataupun aspek eksternal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Berikut ini kemungkinan utama dari penyebab susah menabung:

1. Menabung tanpa tujuan nan jelas

Menabung adalah aktivitas mengumpulkan duit untuk tujuan jangka pendek, misalnya satu sampai tiga tahun. Untuk itu, Bunda perlu menetapkan tujuan dari aktivitas menabung.

Apabila Bunda tidak punya tujuan jelas dari menyisihkan duit setiap bulan, duit tabungan justru dapat terpakai sedikit demi sedikit untuk perihal nan bukan menjadi kebutuhan.

Misalnya saja, Bunda bakal menggunakan duit tabungan untuk menambah kebutuhan ketika hendak pergi traveling. Oleh lantaran itu, biasakan untuk menetapkan tujuan dari menabung ya, Bunda.

2. Hobi mahal

Hobi dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi nan melakukannya. Namun, perihal ini juga berpotensi mengganggu finansial Bunda.

Hobi nan tergolong mahal kerap membikin seseorang mengeluarkan duit di luar keahlian finansial dengan dalih self reward, Bunda. Tak jarang, kita justru memakai duit tabungan untuk membeli sesuatu nan mengenai dengan hobi.

Itu sebabnya, krusial untuk membatasi pengeluaran untuk hobi. Misalnya, dalam sebulan Bunda bisa menyisihkan 10 persen saja dari penghasilan untuk pengeluaran hobi.

3. Hanya mengandalkan satu rekening

Untuk menabung, biasakan untuk mempunyai rekening di luar rekening pengeluaran harian. Sebenarnya tak masalah untuk mempunyai satu rekening saja, namun pastikan untuk selalu disiplin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Apabila Bunda merasa aktivitas pencatatan finansial rutin cukup menyusahkan alias membosankan, pastikan Bunda membuka rekening baru nan berangkaian dengan aktivitas menabung.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(anm/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda