Jangan Langsung Berikan Nasihat Jika Teman Curhat, Ini 11 Kalimat Terbaik Pengganti Menurut Psikolog

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Jakarta -

Setiap kali seorang kawan alias orang terkasih mengalami masa sulit, bagi banyak orang mungkin wajar saja jika mau memberikan nasihat, kata-kata bijak, alias pengalaman serupa nan pernah dialami berbareng dengan hal-hal nan diperoleh.

Akan tetapi, terkadang memberikan nasihat secara spontan saat seseorang sedang curhat alias mencurahkan isi hatinya kepada Bunda bukanlah langkah terbaik untuk membantu. Untuk itu, ada beberapa kalimat pengganti terbaik menurut psikolog nan bisa Bunda sampaikan.

Ahli saraf klinis dan forensik serta penulis The New Rules of Attachmaent, Dr. Judy Ho percaya bahwa kebanyakan orang betul-betul mau membantu, namun mereka juga menginginkan kesempatan untuk menunjukkan kompetensi mereka.


Banner anak kecanduan gadget

Melansir dari laman Parade, berikut adalah kalimat nan dapat digunakan sebagai pengganti nasihat menurut psikolog.

1. “Aku turut prihatin mendengar apa nan Anda alami”

Untuk betul-betul menunjukkan empati kepada orang lain, Judy menyarankan kalimat ini sangat berfaedah dibandingkan langsung memberikan nasihat.

2. “Semua ini pasti menjadi tantangan bagi kamu”

Menurut Judy, pernyataan empati tambahan ini menekankan sungguh sulitnya masa-masa ini bagi orang lain.

3. “Kedengarannya pasti sulit”

Psikolog Dr. Scott Lyons mengatakan kalimat ini menyemangati orang lain tanpa kudu memberikan mereka nasihat nan tidak diminta. Bunda juga bakal mengingatkan mereka bakal kekuatan mereka.

4. “Sepertinya Anda sedang merasa…, alias berpikir…”

Judy mengatakan kalimat ini adalah contoh mendengarkan secara reflektif, di kondusif Bunda tidak secara aktif menyela saran dalam percakapan. Ini juga bakal memberi isyarat kepada orang lain bahwa Bunda betul-betul mendengarkan.

5. “Sangat wajar jika Anda merasa seperti ini, tidak apa-apa untuk merasakan apa nan dirasakan”

Terkadang, ketika seseorang mencurahkan isi hatinya nan tengah mengalami kesulitan, nan mereka inginkan hanya merasa diakui. Judy mengatakan kalimat ini adalah pernyataan pengesahan nan dapat membantu orang lain untuk tidak merasa sendirian.

6. “Aku sepenuhnya mengerti apa nan Anda maksud”

Kalimat nan dibagikan oleh Lyons ini juga mengakui pikiran dan emosi orang lain.

7. “Pasti butuh banyak kekuatan untuk menghadapi ini”

Judy mengatakan pernyataan nan menguatkan dapat membantu saat mendengarkan seorang kawan alias orang terkasih. Beberapa contoh pernyataan nan menguatkan lainnya meliputi, “Aku kagum denganmu nan sukses melewati masa susah ini” alias “Bertahanlah”.

8. “Aku mau berada di sini untuk kamu, apa nan bisa saya lakukan?”

Alih-alih memberikan saran, coba berikan pernyataan nan membantu. Bahkan, jika orang tersebut tidak menerima bantuan, mereka bakal merasa diperhatikan saat Bunda mengucapkan kalimat ini.

9. “Meskipun saya sangat mau membantu…”

Dalam beberapa kasus, tidak ada langkah nan layak untuk membantu seseorang. Mungkin mereka baru saja kehilangan orang nan mereka cintai dan kesedihan mereka tetap terasa alias mereka sedang mengalami perceraian dan tidak ada langkah langsung untuk membantu.

10. “Apakah Anda sudah membicarakan perihal ini dengan seorang profesional”

Mungkin orang lain sedang mengalami masalah kesehatan bentuk alias mental. Untuk itu, Lyons merekomendasikan untuk mendorong orang lain agar berbincang dengan seorang ahli.

11. Tawarkan pelukan

Daripada melontarkan kata-kata bijak dalam percakapan, pertimbangkan untuk tidak mengatakan apapun. Bahkan, untuk betul-betul menunjukkan kepedulian, Lyons mengatakan terkadang respons terbaik adalah sekadar berada di sana untuk seseorang dan menawarkan pelukan alih-alih nasihat.

Nah, itulah beberapa kalimat pengganti terbaik nan bisa Bunda sampaikan ketika kawan curhat menurut psikolog. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda