Daftar Kegiatan Hari Pertama Masuk Sekolah Sd, Smp Dan Sma

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Jakarta -

Hari pertama masuk sekolah menjadi hari nan ditunggu-tunggu oleh Si Kecil, terutama mereka nan naik ke jenjang pendidikan berikutnya. Sebelum melaksanakan aktivitas belajar mengajar, anak bakal mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terlebih dahulu, Bunda.

MPLS merupakan aktivitas nan umumnya dilakukan selama tiga hari sejak hari pertama masuk sekolah dimulai. Di sini, anak bakal belajar tentang budaya di lingkungan sekolah. Mereka juga bakal diperkenalkan dengan guru-guru serta ekstrakurikuler nan ada.

Tidak hanya diperuntukkan kepada siswa SD, MPLS ini juga bakal berjalan di sekolah tingkat menengah. Mulai dari SMP, SMA, serta SMK.


Banner Minyak Goreng Non Kolesterol

Daftar aktivitas hari pertama masuk sekolah

Ada banyak daftar aktivitas nan mungkin dilaksanakan pada MPLS tingkat SD, SMP, maupun SMA, Bunda. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Pengenalan visi dan misi sekolah

Sebelum memulai aktivitas MPLS, biasanya para pembimbing bakal mengenalkan visi dan misi sekolah nih, Bunda. Tidak hanya dilakukan di lapangan saat melaksanakan upacara, pengenalan visi dan misi juga bisa dilakukan oleh para pembimbing di dalam ruang kelas.

Pengenalan visi dan misi sekolah ini tentunya bukan tanpa alasan. Para siswa diharapkan bisa memahami tujuan dan aktivitas pembelajaran nan diadakan oleh pihak sekolah.

2. Tur keliling sekolah

Baik sekolah swasta maupun negeri, tur keliling sekolah pasti bakal dilakukan. Di sini, para siswa bisa memandang lingkungan sekolah mulai dari gedung, halaman, tempat parkir, lab, perpustakaan, hingga tempat ibadah.

3. Pengenalan guru dengan lagu

Tidak hanya mengenal gedung sekolah, Si Kecil dan siswa nan lain juga perlu mengenal guru-guru mereka. Karena itu, pembimbing sebaiknya melakukan pengenalan diri saat MPLS.

Ada banyak langkah nan bisa dilakukan agar proses pengenalan pembimbing menjadi lebih menyenangkan. Misalnya saja dengan menambahkan lagu serta gerakan.

4. Pengenalan ekstrakurikuler

Pengenalan ekstrakurikuler biasanya dilakukan oleh para siswa nan sudah senior, Bunda. Di sini, mereka bakal menunjukkan beragam aktivitas ekstrakurikuler nan diselenggarakan di sekolah.

5. Sosialisasi tata tertib dengan kuis

Setiap sekolah tentu mempunyai peraturan dan tata tertib nan berbeda-beda ya, Bunda. Karena itu, para pembimbing perlu menjelaskan apa saja tata tertib nan ada di sekolah pada momen MPLS.

Sosialisasi ini biasanya melangkah dengan sangat membosankan, sehingga banyak siswa nan mengantuk. Agar lebih menyenangkan, ada baiknya sosialisasi ditutup dengan kuis dan pembagian bingkisan kecil-kecilan.

6. Penanaman pohon

Kegiatan lain nan bisa dilakukan saat MPLS adalah penanaman pohon. Selain simbol dari cinta lingkungan, penanaman pohon bisa mengajarkan Si Kecil tentang pentingnya penghijauan.

Tidak hanya itu, penanaman pohon juga sejalan dengan Kurikulum Merdeka nan berlaku, ialah menyoroti rumor nan ada di sekitar.

7. Mendekorasi ruang kelas

Mendekorasi ruang kelas tampaknya bisa dijadikan aktivitas nan menyenangkan, terlebih untuk Si Kecil nan baru masuk SD. Kegiatan ini bakal menjadi arena untuk melatih kreativitasnya.

Untuk mendekorasi ruang kelas, pastikan pembimbing turut terlibat, ya. Biasanya, pembimbing bakal menyiapkan kertas origami nan bakal dibentuk berbareng siswa dan dijadikan hiasan.

8. Senam ceria

Selama MPLS, Si Kecil bisa melaksanakan senam ceria nan dilakukan di pagi hari sebelum MPLS dimulai. Dengan begitu, siswa bakal mengikuti beragam aktivitas dengan tubuh dan pikiran nan segar.

9. Pameran karya seni

Untuk menutup MPLS di hari ketiga, pameran karya seni bisa menjadi aktivitas nan menyenangkan sekaligus inspiratif. Para pembimbing dan senior bisa bekerja sama untuk memamerkan karya seni siswa di lapangan sekolah maupun aula.

Demikian info seputar daftar aktivitas nan dilakukan saat MPLS, Bunda. Semoga dapat memberikan manfaat, ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(mua/mua)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda