Bukan Hanya Mencari Nafkah, Ini 5 Tugas Penting Ayah Dalam Keluarga

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Sama seperti ibu, ayah punya tanggung jawab nan besar dalam keluarga. Memahami tugas ayah dalam family sangat krusial agar bisa menghargai dan memberikan rasa hormat setinggi-tingginya atas kerja keras ayah selama ini.


Selain itu, memahami bahwa tugas ayah dalam family sangatlah berat, bakal menjadikan peran dan sosok ayah sebagai teladan bagi anak-anak. Kelak ketika mereka sudah berfamili bakal bisa mengikuti jejak ayahnya menjadi orang tua nan bertanggung jawab dan penuh kasih sayang.



5 Tugas Ayah Dalam Keluarga


Menjadi ayah adalah sebuah langkah besar. Ada tanggung jawab krusial dalam bahunya. Berikut 5 tugas ayah dalam keluarga, di luar mencari nafkah tentunya.


1.Sosok teladan

Kehadiran ayah adalah sebagai sosok teladan bagi keluarga. Anak-anak dan istri bakal mengikuti apa nan ayah lakukan, dan apa nan ayah katakan. Karena itulah menjadi ayah berfaedah siap menjadi panutan nan bakal ditiru. Melakukan nan terbaik, lantaran itulah nan bakal diikuti oleh seluruh keluarga.


2.Guru kehidupan

Tugas ini tidak hanya menjadi bagian ibu saja, ayah pun punya peran nan sama dalam mendidik anak-anaknya sedari mini hingga dewasa. Mengajarkan anak banyak hal, melatih keahlian sosial, hingga menuntut anak-anak menjadi pribadi nan kuat dan berkarakter. Salah satu tugas ayah dalam family adalah jadi pembimbing nan mengajarkan banyak pengetahuan kehidupan pada anak.


3.Pelindung utama family

Ayah merupakan pelindung utama keluarga. Ketika ada ancaman datang, ayah datang di barisan terdepan. Dengan gagah perkasa seorang ayah bakal pasang badan melindungi family tercinta. Inilah bukti nyata tanggung jawab seorang ayah. Ia bakal memastikan keamanan, kenyamanan, dan kebahagiaan keluarganya. Tidak ada celah sedikitpun untuk diusik oleh siapapun, ayah bakal datang ketika family membutuhkannya.


4.Pemecah masalah

Tidak ada kehidupan tanpa masalah. Begitu juga dengan rumah tangga dan pengasuhan anak. Apapun masalah nan sedang dihadapi, salah satu tugas ayah dalam family adalah menjadi pemecah masalah. Ayah bakal datang dengan beberapa solusi nan bisa dilakukan. Pun ketika anak-anak alias istri mendapati masalah, ayahlah orang pertama nan bakal diajak bicara.


5. Teman bagi anak-anak

Tak peduli berapapun usia anak, ayah bakal selalu datang menjadi kawan bagi anak-anaknya. Salah satu tugas ayah dalam family adalah memastikan anak-anak bisa bertumbuh dan berkembang dengan maksimal. Bermain berbareng anak, menjadi salah satu manifestasi dari tugas ayah dalam keluarga, menghadirkan kebahagiaan pada anaknya lewat permainan penuh kasih sayang.



Menjadi Ayah nan Baik


Tidak mudah memang menjadi sosok ayah nan baik. Namun bukan berfaedah mustahil. Selalu ada langkah untuk berproses menjadi ayah nan baik bagi family tercinta. Caranya bangunlah komitmen nan kuat dengan pasangan untuk bisa saling melengkapi dan saling mendukung dalam melaksanakan tugas ayah dalam keluarga.


Selain itu ajak istri untuk mau mengoreksi kesalahan dan mengingatkan ketika ayah mulai abai bakal tugas ayah dalam keluarga. Jangan sungkan untuk meminta maaf dan memperbaiki kesalahan, jangan pula ragu untuk menerapkan saran terbaik dari istri.


Pada anak-anak, bersikaplah terbuka bahwa ayah siap bekerja sama dengan mereka. Bangun kehangatan, kedekatan, dan komunikasi dua arah dengan mereka. Jangan sungkan, dan jangan egois terhadap anak sendiri. Sesuaikan style pengasuhan dengan perkembangan usia anak juga kebutuhan mereka. Bersikap setara dan proporsionallah pada anak-anak. Agar mereka merasa dihargai dan tidak diabaikan.


Agar tugas ayah dalam family bisa dijalankan dengan baik, tidak ada salahnya meminta support professional dalam mendukung upaya menjadi sosok ayah nan baik. Mintalah saran dari mahir parenting agar ayah tidak salah langkah dalam mengawal bahtera rumah tangga. Sebab tantangan, godaaan, dan akibat nan datang kadang tidak terkira dan diluar kendali. Karenanya butuh support system nan kuat untuk bisa menjaga agar bisa menjalankan tugas ayah dalam keluarga. Pastikan ayah jadi tempat paling kondusif dan nyaman untuk keluarga.


Mums, saatnya mendukung penuh ayah dalam menjalankan tugas-tugas pengasuhannya. Kerja sama nan baik kedua orang tua menjadi kunci kebahagiaan keluarga. Sehebat apapun masalah nan datang, bakal bisa diatasi jika keduanya menyadari kegunaan dan tugas sebagai orang tua. Yuk, dukung sepenuhnya tugas ayah dalam family agar kebahagiaan selalu menaungi family tercinta.



Referensi

https://childpsychotherapy.org.uk/resources-families/understanding-childhood/fathers-understanding-vital-role-fathers-father-figures

https://www.familylife.com/articles/topics/parenting/essentials/fathers/6-unexpected-roles-of-a-father/


Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan