Biaya Spp Sekolah Anak Idealnya Berapa Persen Dari Gaji? Ini Kata Perencana Keuangan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Sebentar lagi Si Kecil bakal mulai masuk sekolah, ya? Selain mencari sekolah nan sesuai, Bunda juga kudu mengetahui berapa biaya SPP nan sesuai dibayarkan per bulan.

SPP alias Sumbangan Pembinaan Pendidikan merupakan biaya pendidikan bagi siswa untuk menunjang kebutuhan dalam menyelenggarakan proses pendidikan. SPP sendiri umumnya dibayarkan kepada sekolah-sekolah berstatus swasta.

Jika Bunda berencana memasukkan Si Kecil ke sekolah negeri, Bunda tidak perlu menyiapkan biaya SPP lantaran sekolah negeri tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, SPP menjadi perihal nan krusial diperhatikan jika Bunda mau memasukkan Si Kecil ke sekolah swasta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Biaya ideal SPP menurut perencana keuangan

Menurut perencana finansial sekaligus Head Advisory & Investment Operation PINA, Rista Zwestika CFP WMI WPS, idealnya SPP untuk anak sekolah tidak lebih dari 20 persen penghasilan Bunda dan Ayah. Dengan begitu, biaya sekolah Si Kecil tidak menjadi beban keuangan.

"Idealnya, SPP anak sekolah itu tidak lebih dari 20 persen dari penghasilan orang tua. Angka ini bisa menjadi patokan awal untuk memastikan biaya pendidikan tidak membebani finansial keluarga," jelasnya ketika diwawancara HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Meski begitu, menentukan persentase SPP dalam setiap family berbeda-beda. Rista pun mengungkap ada beberapa aspek nan perlu dipertimbangkan. Berikut ini ulasannya:

  • Jumlah anak. Semakin banyak anak, maka semakin besar pula pengeluaran untuk pendidikannya, Bunda.
  • Tingkat pendidikan. Biaya sekolah di tingkat nan lebih tinggi seperti SMA dan perguruan tinggi umumnya lebih mahal.
  • Jenis sekolah. Sekolah swasta, sekolah internasional, dan sekolah dengan program unik biasanya mempunyai biaya nan lebih tinggi.
  • Gaya hidup. Pengeluaran lain di luar pendidikan seperti angsuran rumah, kendaraan, dan kebutuhan pokok, juga perlu dipertimbangkan.

Dalam kesempatan nan sama, Rista turut menyarankan agar Bunda dan Ayah menyisihkan biaya pendidikan anak sejak dini. Hal ini dilakukan untuk meringankan biaya pendidikan anak di masa depan.

"Jika memungkinkan, sebaiknya sisihkan biaya pendidikan anak sejak dini, seperti melalui tabungan alias investasi. Hal ini dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan di masa depan," ujarnya.

Tips menentukan SPP nan ideal

Ada beberapa perihal nan bisa dilakukan untuk menentukan biaya ideal SPP menurut Rista. Berikut ini deretannya:

  1. Hitung total pengeluaran, catat semua pengeluaran bulanan termasuk biaya hidup, cicilan, dan tagihan lainnya.
  2. Sisihkan biaya darurat minimal alokasikan 3-6 bulan pengeluaran.
  3. Prioritaskan kebutuhan seperti makanan, tempat tinggal, dan kesehatan terpenuhi sebelum mengalokasikan biaya untuk pendidikan.
  4. Bandingkan biaya sekolah dan cari info di beberapa sekolah nan diminati.
  5. Diskusikan dengan pasangan tentang anggaran pendidikan nan ideal untuk keluarga.

Ketika anak sudah mulai masuk sekolah, ada beberapa pos finansial nan kudu Bunda perhatikan. Klik baca laman berikutnya untuk memandang penjelasan lebih lanjut ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda