Berbagai Penyebab Pundak Terasa Berat Dan Cara Mengatasinya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Pernahkah Anda merasakan pundak nan terasa berat dan kaku untuk digerakkan? Jika pernah, Anda sebaiknya mengetahui apa penyebabnya, lantaran kondisi ini bisa menandakan indikasi penyakit nan serius. 

Pundak nan terasa berat dan disertai dengan rasa nyeri memang sangat umum terjadi. Kondisi nyeri nan belum terlalu parah bisa Anda atasi dengan perawatan sederhana di rumah. Namun, andaikan tidak kunjung membaik, maka diperlukan pemeriksaan dan penanganan medis lebih lanjut.  

Adapun beberapa penyebab nyeri pundak nan sebaiknya Anda waspadai, yaitu: 

Terkilir

Pundak terdiri dari beberapa bagian alias jaringan, salah satunya ialah ligamen. Ligamen adalah jaringan di antara dua alias lebih nan terdapat di tulang dan sendi Anda. Pada saat terkilir, ligamen mengalami trauma alias cedera nan bisa menyebabkan peradangan dan apalagi pembengkakan di bagian nan terkena. 

Biasanya, kondisi ini bisa terjadi lantaran adanya pergerakan sigap saat berolahraga alias aktivitas nan terlalu berlebihan. 

Postur tubuh nan buruk

Postur tubuh nan jelek seperti sering membungkuk saat berdiri dapat menyebabkan masalah pada pundak. Akibatnya, pundak Anda bakal terasa pegal, nyeri tajam, dan pundak berat saat menggerakkannya.

Oleh lantaran itu, tetaplah menjaga postur tubuh agar tetap baik dan hindari membungkuk terlalu sering. 

Osteoarthritis

Osteoarthritis (OA) umumnya dikenal dengan pengapuran sendi. OA termasuk jenis radang sendi nan paling sering terjadi dan biasanya menyerang orang-orang berumur lanjut. Pengapuran sendi ini terjadi lantaran adanya penipisan pada tulang rawan sehingga lebih mudah mengalami kerusakan. OA biasanya juga berkembang secara perlahan seiring bertambahnya usia. 

Baca juga: Pundak Terasa Kaku dan Berat, Apa Penyebabnya?

Saraf terjepit

Penyebab lainnya dari pundak nan terasa berat adalah adanya gangguan pada saraf nan sering disebut dengan saraf terjepit. Jika Anda merasakan nyeri di bagian leher nan menjalar sampai ke pundak dan meninggal rasa hingga kesemutan, maka sebaiknya waspada. Kondisi ini bisa mengindikasikan Anda terkena saraf terjepit, sehingga pundak bakal terasa berat dan susah menggerakkannya. 

Itulah tadi beberapa penyebab utama pundak nyeri dan terasa berat nan sebaiknya mendapatkan penanganan segera. Apabila gejalanya terus berkembang dan tidak membaik, maka segeralah periksakan diri ke Klinik Patella. Dokter bakal membantu mendiagnosis penyakit dengan serangkaian pemeriksaan baik bentuk maupun radiologis. 

Berkonsultasilah dengan master mahir kami di Klinik Patella untuk penanganan lebih lanjut. Klinik Patella menggunakan metode pengobatan tanpa operasi dan berteknologi tinggi dalam mengatasi setiap keluhan nyeri pada sendi, otot, saraf dan tulang. 

Jangan ragu untuk membikin janji konsultasi dengan menghubungi nomor Whatsapp di 0811 8124 2022.

Post Views: 0

Selengkapnya
Sumber Klinik Patella
Klinik Patella