Asal-usul Gelar Haji Yang Sering Dianggap Kebanggaan Di Indonesia, Bunda Perlu Tahu

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Gelar haji banyak dipakai di Indonesia bagi mereka nan sudah menunaikan rukun Islam kelima. Belum lama ini, asal-usul gelar haji kembali menjadi perdebatan di kalangan netizen, Bunda.

Hal tersebut bermulai dari ucapan ibu Thariq Halilintar, Lenggogeni Faruk, nan meminta anaknya dipanggil dengan julukan haji. Ucapan ini terlontar kala putranya itu melamar Aaliyah Massaid.

Saat itu, wanita nan berkawan disapa Geni Faruk ini tak terima lantaran pembawa aktivitas hanya menyebut nama Thariq saja tanpa embel-embel haji. Menurut Geni Faruk, putranya itu sudah haji apalagi saat usianya tetap dua bulan.


Sebutan haji memang menjadi suatu kebanggaan di Indonesia. Haji dianggap sebagai salah satu gelar nan 'mahal' dan 'mewah' bagi sebagian orang di Tanah Air, Bunda.

Beberapa artis Indonesia menyematkan gelar ini di namanya. Misalnya, ada penyanyi dangdut H. Rhoma Irama alias Hj. Elvi Sukaesih.

Lantas, dari mana sebenarnya asal-usul gelar haji di Indonesia ya? Apakah gelar ini menjadi suatu keharusan untuk menghormati orang nan telah menunaikan haji?

Asal-usul gelar haji di Indonesia

Pemberian gelar haji dan hajah sebenarnya telah berjalan lama di Indonesia. Dikutip dari detik hikmah, filolog UIN Syarif Hidayatullah, Omah Fathurahman menyebut gelar haji disematkan sebagai corak kehormatan dan hidayah lantaran bisa menjalankan rukun Islam kelima.

Bagi umat Islam di Tanah Air, perjalanan ke Mekkah, Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji memang dianggap perihal nan menantang dan cukup berat. Di masa lalu, orang-orang di Indonesia kudu menempuh perjalanan panjang selama berbulan-bulan untuk mencapai Mekkah dan menunaikan haji.

Maka dari itu, ketika seseorang sukses melewati semua rintangan tersebut dan sampai di Ka'bah, maka itu menjadi suatu kebanggaan nan patut diapresiasi. Gelar haji alias hajah pun disematkan di depan nama mereka sebagai penghormatan.

Lalu sejak kapan gelar haji ini sudah ada di Indonesia?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(ank/ank)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda