Alyssa Soebandono Sudah 3 Kali Caesar, Dokter Ungkap Risiko Jika Hamil Lagi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

AAlyssa Soebandono memilih metode Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) dalam proses persalinan anak ketiganya. Dokter nan menanganinya memberi peringatan tentang akibat nan mungkin timbul jika Alyssa memutuskan untuk mengandung lagi.

Melihat kondisi istri Dude Harlino nan telah menjalani operasi caesar sebanyak tiga kali, dr. Chamim Shobari Singoprawiro, Sp.OG(K)Onk, nan mengurus persalinannya, memberi saran kepada pasangan selebritas nan menikah pada 2014 itu. Dokter tersebut menyarankan agar Alyssa Soebandono tidak mengandung lagi.

"Ya jadi untuk wanita nan sudah operasi (caesar) tiga kali jadi biasanya master menganjurkan untuk tidak mengandung lagi," kata dr. Chamim dalam konvensi pers di RS Brawijaya Sahardjo, Jakarta Selatan, kemarin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Dokter menjelaskan bahwa ada beberapa potensi akibat bagi kesehatan ibu dan janin jika Alyssa Soebandono mengandung untuk keempat kalinya.

"Alasannya lantaran akibat terjadinya robek alias ruptur rahim pada saat kehamilan di atas enam bulan alias tujuh bulan dan bayi sudah mulai besar, maka ada akibat robek. Apalagi jika terjadi kontraksi," ujar dr. Chamim.

"Kalau robek maka bakal terjadi pemindahan janin nan ada di dalam rahim ke rongga perut. Nah jika terjadi pemindahan biasanya bayinya meninggal, ibunya mengalami perdarahan, ya tentu kudu emergency ya, kudu segera dioperasi tujuannya menyelamatkan ibunya," tambahnya.

Meskipun demikian, tidak semua ibu mengandung mempunyai kasus nan sama, dan ada kasus di mana ibu tetap dapat mengandung setelah menjalani persalinan caesar sebanyak tiga kali.

"Tapi ada juga nan mengandung sudah caesar empat kali lima kali, ya tapi itu sangat perseorangan ya, dan sangat beruntung, jika bisa mengandung 3 kali nan dilakukan sesar sebaiknya selesai," kata dr. Chamim.

Dengan mendengar masukan tersebut, Dude Harlino memahami kondisi istrinya dengan baik. Pasangan suami-istri tersebut bakal mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menambah jumlah anak di masa depan.

"Kami bakal membahasnya bersama, lantaran nan mengandung adalah Icha. Bagaimana pun juga, persetujuan dari Icha sangat penting. Jika Icha siap, maka kami bakal melangkah dengan bismillah. Tiga anak ini bagi kami sudah cukup, Alhamdulillah. Kami bakal mendidik mereka dengan sebaik mungkin," ujar Dude Harlino.

"Namun, jika Icha memutuskan untuk menambah lagi, saya Insya Allah siap. Kami bakal berkonsultasi dengan ahlinya juga, Insya Allah," tambahnya.

Berapa banyak operasi caesar nan aman?

Sebenarnya, berapakah jumlah operasi caesar maksimal nan dianggap kondusif untuk dilakukan oleh Bunda hamil? Mengenai jumlah operasi caesar nan dapat Bunda lakukan dengan aman, “sesungguhnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini”, kata Robert O. Atlas, MD, FACOG, ketua departemen kebidanan dan ginekologi di Mercy Medical Center, seperti dilansir dari Healthline.

“Ada beberapa orang nan telah menjalani enam alias tujuh operasi caesar tanpa masalah apa pun, dan ada pula nan hanya menjalani satu operasi caesar namun kehamilan berikutnya dikaitkan dengan masalah nan sangat susah seperti kelainan spektrum plasenta akreta, alias perlengketan nan parah, secara bersamaan,” katanya.

Namun untuk mengukurnya, Mayo Clinic mengatakan trial of labor after cesarean delivery (TOLAC) tidak direkomendasikan setelah tiga alias lebih operasi caesar sebelumnya.

Risiko beberapa operasi caesar

Menurut ulasan nan dikutip dari Atlas, komplikasi tertentu mungkin terjadi pada operasi caesar nan dilakukan secara berulang. Ini termasuk:

  • ruptur uteri
  • komplikasi kandung kemih
  • perlengketan alias laserasi usus
  • perlengketan omentum
  • komplikasi pembuluh darah
  • perdarahan nan berlebihan
  • kebutuhan bakal transfusi darah
  • histerektomi

Ada juga akibat pada plasenta nan condong meningkat dengan dilakukannya beberapa kali operasi caesar. Ini termasuk plasenta akreta, plasenta previa, dan solusio plasenta.

Meskipun kematian adalah akibat nan mengenai dengan prosedur pembedahan apa pun, tidak hanya operasi caesar, sebuah penelitian pada tahun 2017 tidak menemukan perbedaan nan luar biasa dalam komplikasi sangat serius nan mengenai dengan operasi caesar berulang (lebih dari tiga) jika dibandingkan dengan operasi caesar pada umumnya. Komplikasi nan paling umum, nan secara signifikan lebih menonjol pada mereka nan menjalani beberapa operasi caesar, adalah perlengketan.

Melahirkan bayi melalui operasi caesar umumnya dianggap aman, dan dalam beberapa kasus diperlukan secara medis dan lebih kondusif dibandingkan kelahiran normal. Namun banyak orang nan mengkhawatirkan akibat nan timbul akibat operasi caesar berulang.

Meskipun setiap orang dan setiap kehamilan berbeda, master bakal dapat mendiskusikan akibat umum dan masalah keamanan dengan Bunda jika Bunda sedang mempertimbangkan alias perlu menjalani lebih dari satu operasi caesar.

Jika Bunda tertarik untuk melahirkan normal setelah melahirkan sesar, pastikan untuk membicarakan perihal ini dengan dokter. Meskipun ada akibat dengan pilihan ini, master mungkin mempertimbangkan untuk mencoba percobaan persalinan setelah melahirkan sesar jika Bunda adalah kandidat nan tepat.

Demikian ulasan mengenai ancaman nan bisa terjadi jika ibu mau melahirkan caesar lebih dari tiga kali. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk rencana kehamilan selanjutnya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(rap/rap)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda