9 Tanaman Untuk Mendinginkan Ruangan, Dapat Menyerap Panas Bun!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Ruangan nan panas tentunya membikin Bunda tidak nyaman. Untuk mengatasi perihal ini, ada beberapa jenis tanaman penyerap panas dan bisa mendinginkan ruangan nan bisa Bunda pelihara.

Menurut NASA’s Earth Science Study, tumbuhan dapat mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis. Hutan menghasilkan transpirasi dalam jumlah besar nan meningkatkan uap air di atmosfer, menyebabkan lebih banyak curah hujan dan memperkuat pendinginan dengan menghalangi sinar matahari.

Tanaman sering kali melepaskan kelebihan air ke udara dari daunnya, dan dengan melepaskan air nan menguap, tanaman mendinginkan diri dan lingkungan sekitarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 7 Kesalahan Orang Tua

9 Tanaman untuk mendinginkan ruangan

Selain harganya lebih murah dibanding membeli AC, tanaman merupakan pengganti paling ramah lingkungan untuk menyejukkan ruangan. Berikut adalah beberapa jenis tanaman nan bisa menyerap panas.

1. Tanaman lidah mertua

Melansir dari laman Economic Times, pilihan tanaman rumah nan sangat baik. Selain terkenal lantaran nilai estetika visualnya, tanaman ini bisa memurnikan udara dan menjaganya tetap sejuk dalam prosesnya, sehingga mengurangi suhu panas secara keseluruhan.

2. Tanaman peace lily

Peace lily alias kembang bakung adalah tanaman mini nan terlihat anggun dan menawan dengan kembang warna putihnya.

Tanaman ini bisa menjadi pahlawan dalam perihal transpirasi. Peace lily mempunyai daun besar nan menghasilkan oksigen dan kelembapan sebanyak mungkin, sehingga menjaga udara di ruangan tetap sejuk.

3. Tanaman lidah buaya

Tak asing lagi, tanaman lidah buaya mempunyai sejumlah faedah nan berfaedah bagi kesehatan maupun kecantikan.

Kali ini, Bunda bisa memanfaatkan tanaman tersebut di rumah untuk menghilangkan suhu panas nan membikin tidak nyaman. Hal ini lantaran lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan racun di udara dan menjaga tingkat oksigen, serta panas tetap terkendali.

4. Tanaman pothos

Pothos alias tanaman duit adalah salah satu tanaman penyaring udara terbaik. Udara murni selalu lebih sejuk, dan tanaman hijau ini bisa melakukan tugasnya dengan benar.

5. Tanaman aglaonema

Tanaman aglaonema alias pinus Cina tidak hanya bisa memurnikan udara, namun juga mempunyai laju transpirasi nan tinggi sehingga membantu melembapkan dan mendinginkan udara di sekitar ruangan Bunda nan terasa panas.

6. Tanaman pakis boston

Pakis boston juga termasuk salah satu tanaman nan dapat Bunda pilih untuk menyejukkan ruangan.

Selain menyaring racun dari udara di sekitarnya, tanaman ini juga merupakan pelembap nan bagus. Hal ini diketahui lantaran pakis boston bisa membikin udara di ruangan Bunda tetap sejuk dan dingin.

7. Pohon palem

Melansir dari laman House Beautiful, daun palem hijau seperti palem pinang, palem pakis, dan palem lady mempunyai stoma mini nan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen.

Semakin besar permukaan daun, maka semakin banyak juga oksigen nan dihasilkan. Rangkaian pohon palem tidak hanya bagus untuk dilihat, namun juga menciptakan semacam rimba hujan dalam ruangan ini, sehingga menjadi pengganti nan baik untuk memberikan nuansa tropis di dalam rumah.

8. Tanaman karet

Bunda juga bisa memilih tanaman karet untuk mendinginkan ruangan. Tanaman ini menyerap karbon dioksida dari udara dan menjaga tingkat oksigen, serta panas di sekitar ruangan.

9. Tanaman laba-laba

Selain untuk menambah estetika hiasan di rumah, tanaman lelaba juga dapat membantu Bunda mendapatkan kesejukan secara alami.

Tanaman tersebut tumbuh subur tanpa memerlukan perawatan nan sulit. Tanaman lelaba juga bisa mendinginkan udara dengan baik dan mengeluarkan racun.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman nan bisa mendinginkan dan menyerap suhu panas di ruangan. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda