9 Cara Menyembuhkan Mental Yang Down Agar Hidup Lebih Baik

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jika Bunda sedang mengalami mental nan down, Bunda kudu memahami bahwa pihak nan berkedudukan besar dalam menyembuhkannya adalah diri sendiri. Untuk itu, Bunda kudu mengerti langkah menyembuhkan mental nan down agar hidup lebih baik. 

Setiap orang pasti mempunyai masalah masing-masing. Jika berbincang soal kesehatan, terdapat dua aspek nan kudu diperhatikan ialah kesehatan bentuk dan mental. Selayaknya kesehatan fisik, sehat secara mental juga krusial untuk memudahkan Bunda menjalani aktivitas sehari-hari.

Saat Bunda sedang berupaya menyembuhkan mental nan down, Bunda kudu memahami bahwa sosok utama nan berkedudukan besar dalam memperbaiki jiwa Bunda adalah diri sendiri. Yuk, Bunda, intip langkah menyembuhkan mental nan down agar hidup lebih baik seperti berikut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 7 Kesalahan Orang Tua

Cara menyembuhkan mental nan down

Melansir dari Psych Central, berikut 9 langkah menyembuhkan mental nan down agar hidup lebih baik.

1. Ingatkan diri bahwa Bunda tidak sendirian

Berdasarkan data, 20% orang Amerika melaporkan bahwa dirinya mempunyai indikasi penyakit mental. Artinya, satu dari lima orang mengalami masalah kesehatan mental. Jadi, Bunda tidak perlu merasa sendirian ya.

Beberapa orang memang mengalami tekanan alias stres nan jauh lebih berat dari orang lain. Dan tidak semua orang mempunyai kekuatan untuk menanggung semua bebannya. Apapun masalahnya, penyakit mental bukanlah sesuatu nan memalukan, Bunda. Maka, ingatkan diri sendiri bahwa Bunda tidak sendirian.

2. Perhatikan tubuh dan pikiran 

Penyakit mental tidak selalu membikin Bunda terlihat lemah lesu. Terkadang, seseorang nan mengalami gangguan mental tetap terlihat baik-baik saja, Bunda. Namun, pada beberapa kasus, terdapat penderita gangguan kesehatan mental nan juga mengalami hambatan kesehatan fisik.

Jika Bunda merasa rentan secara emosional alias mengalami indikasi dari penyakit mental, Bunda dapat menemui dokter. Gangguan tiroid, masalah jantung, apalagi kekurangan vitamin dapat menciptakan indikasi nan menyerupai penyakit mental. Pastikan Bunda sehat secara bentuk sebelum berkonsultasi mempunyai masalah psikologis. 

3. Jaga kondisi tubuh 

Cara paling mudah dan krusial untuk menyembuhkan mental nan down adalah menjaga kondisi tubuh. Bunda kudu memperhatikan kesehatan tubuh mulai dari pola makan, kebiasaan, dan perawatan diri. Menjaga kondisi tubuh dapat dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi nan rendah gula dan kafein. 

Selain itu, pastikan Bunda mempunyai tidur nan cukup di malam hari. Untuk menjaga kebugaran, Bunda dapat melakukan jalan-jalan di sekitar rumah alias berolahraga nan membikin badan terasa segar. Mandi dengan teratur dan melakukan beberapa rangkaian skincare juga membikin badan membaik loh, Bunda.

4. Jika master meresepkan obat, minumlah sesuai resep

Pastikan Bunda memahami obat nan diresepkan master dan jangan berimprovisasi terhadap resepnya ya, Bunda. Minumlah hanya obat nan telah diberikan dengan dosis nan tepat, pada waktu nan ditentukan. Bunda juga dapat menanyakan kepada master mengenai apakah ada makanan alias obat bebas alias suplemen nan kudu dihindari. 

Jika obat nan Bunda konsumsi membikin Bunda tidak nyaman, bicarakan dengan master tentang perihal tersebut. Jangan berakhir meminumnya begitu saja. Banyak obat psikiatri perlu dihentikan secara bertahap, tidak secara tiba-tiba. Jadi, minum obat sesuai resepnya ya, Bunda.

5. Pergi menemui psikolog alias psikiater

Jika kondisi mental nan down tidak lagi terbendung, Bunda dapat menemui psikolog alias psikiater terpercaya. Seorang terapis bakal memberikan support dan meresepkan obat-obatan untuk menyembuhkan gangguan kesehatan mental nan Bunda miliki.

Terapi nan rutin berbareng psikolog alias psikiater bakal membantu Bunda menyembuhkan mental nan down dengan langkah terbaik. Namun, Bunda juga kudu berkoordinasi dengan terapis untuk menemukan solusi bagi persoalan nan Bunda alami. Komunikasikan masalah dengan psikolog alias psikiater ya, Bun.

6. Berbicara dengan orang lain

Saat mental sedang down, mungkin Bunda merasa bahwa mengisolasi diri sangat nyaman. Tidak perlu repot berbincang alias menghabiskan waktu dengan orang lain terasa tenang dan damai. Namun, pada akhirnya Bunda tetap memerlukan kawan bicara untuk mengurangi beban pikiran.

Hubungi kawan alias personil family nan Bunda sukai untuk mengobrol sesekali. Bunda juga dapat berasosiasi dengan suatu organisasi untuk berbagi. Jika Bunda tak kunjung menemukan kawan ngobrol, Bunda dapat menghubungi jasa support kesehatan mental. 

7. Ambil kembali kendali tubuh

Bunda mungkin merasa kehilangan diri sendiri saat mental down. Hal ini sangat lazim dirasakan lantaran kondisi mental nan jelek berakibat pada kesehatan fisik. Jika Bunda mau membaik, cobalah untuk kembali mengambil kendali tubuh.

Melansir dari Healthline, Bunda dapat melakukan beberapa perihal seperti memprioritaskan aktivitas nan kudu dilakukan, meminta support orang lain untuk melakukan sesuatu, menjalani work-life balance, dan mengkomunikasikan kebutuhan diri dengan orang lain.

8. Tetapkan batasan

Menetapkan pemisah waktu nan Bunda berikan kepada orang lain dapat membantu Bunda sembuh dari mental nan sedang down. Jika Bunda membantu banyak orang, Bunda dapat merasa kewalahan. Batasi diri demi menjaga kesehatan mental ya, Bunda.

Cara untuk melakukannya dapat dengan meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan sesuatu. Kemudian, tanyakan pada diri sendiri apakah Bunda betul-betul mempunyai waktu dan energi. Bunda juga dapat mempertimbangkan apakah dengan melakukannya memberi benefit bagi diri sendiri. Dengan membatasi diri dan belajar menolak sesuatu, Bunda dapat sembuh dari gangguan kesehatan mental.

9. Ingat apa nan membikin Bunda bahagia

Saat mental sedang down, Bunda mungkin merasa bahwa tidak ada nan membikin Bunda merasa tertarik alias bahagia. Bunda mungkin kehilangan gairah untuk mengejar karie nan pernah Bunda impikan alias meninggalkan hobby nan dulu Bunda cintai.

Untuk melawan emosi ini, buatlah daftar hal-hal nan membikin Anda bahagia. Kemudian mulai lakukan perihal ini untuk memperbaiki emosi Bunda. Hal-hal nan membikin Bunda senang dapat berupa jalan-jalan dengan kawan terdekat, membujuk family berlibur, alias membaca kitab di taman nan sejuk.

Luangkan waktu untuk aktivitas nan Bunda senangi setiap minggu, dan pertahankan kebiasaan ini apalagi setelah Bunda merasa lebih baik. Dengan ini, Bunda bakal sembuh dari emosi down.

Bunda, itulah langkah menyembuhkan mental nan down agar hidup terasa lebih baik. Lakukan caranya agar Bunda semakin membaik ya. Semoga bermanfaat, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda