8 Cara Membersihkan Usus Kotor Dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah Bun!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Tahukah Bunda bahwa usus nan kotor kudu dibersihkan? Metode membersihkan usus kotor ini direkomendasikan oleh mahir kesehatan, Bunda. Simak langkah membersihkan usus kotor dengan bahan alami nan mudah dilakukan di rumah berikut ini!

Pembersihan usus besar dapat membantu mengatasi sembelit. Bunda dapat melakukan pembersihan usus besar secara alami di rumah dengan minum air, mengonsumsi makanan, dan makan beberapa produk nan direkomendasikan. Bunda kudu rutin membersihkan usus lantaran kesehatan pencernaan sangat krusial untuk dijaga.

Kesehatan pencernaan merupakan bagian krusial nan menjadi sumber emosi bahagia, sehat, dan sejahtera. Salah satu organ krusial dalam sistem pencernaan adalah usus besar. Kesehatan usus besar kudu diperhatikan dan dijaga dengan baik. Bunda dapat menjaga kesehatan usus dengan rutin membersihkannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 7 Kesalahan Orang Tua

Apa Itu Pembersihan Usus Besar (Colon Cleansing)?

Melansir dari Medicine Net, pembersihan usus besar adalah tindakan membilas alias membersihkan usus besar. Bunda dapat membersihkan usus dengan beberapa langkah nan mudah di rumah. Selain itu, pada kondisi tertentu, Bunda juga dapat menemui mahir kesehatan untuk meminta tindakan pembersihan usus besar.

Pembersihan usus besar bermaksud untuk membersihkan usus besar dari segala sisa limbah berbisa nan menempel di tembok usus besar. Dengan melakukan pembersihan ini, Bunda dapat menjaga kesehatan usus besar dan melindunginya dari beragam penyakit. Selain itu, juga berfaedah untuk memperbaiki kualitas saluran pencernaan.

Apakah Pembersihan Usus Besar (Colon Cleansing) Aman?

Melansir dari Medicine Net, pembersihan usus besar dapat mendetoksifikasi tubuh, Bunda. Pembersihan usus besar kondusif dilakukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meski baru-baru ini terkenal dilakukan, metode pembersihan usus besar sudah ada sejak dahulu, Bun. Pembersihan usus besar biasanya dilakukan untuk mempersiapkan prosedur medis seperti kolonoskopi.

Namun, pembersihan usus besar tidak sama dengan kolonoskopi. Selama kolonoskopi, master memeriksa usus besar untuk mendeteksi kelainan, seperti kanker pada usus besar. Sedangkan pembersihan usus besar hanya untuk membersihkan bagian saluran pencernaan ini dari kotoran.

8 Cara Membersihkan Usus Kotor dengan Bahan Alami

Melansir dari Healthline, ada beberapa langkah untuk membersihkan usus besar, Bunda. Untuk melakukan pembersihan usus besar, Bunda dapat membeli produk pembersih usus besar alias meminta tindakan pembersihan usus ke mahir kesehatan.

Namun, Bunda juga dapat menempuh langkah nan mudah dengan bahan alami di rumah loh. Bunda dapat melakukan langkah membersihkan usus kotor dengan bahan alami dan mudah dilakukan di rumah berikut ini.

1. Menghidrasi tubuh

Minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah langkah paling efektif untuk menjaga saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian pada tahun 2016, minum air hangat juga terbukti baik untuk pencernaan, Bunda.

Selain itu, Bunda dapat mengonsumsi makanan nan mengandung air ialah buah-buahan dan sayuran seperti semangka, tomat, selada, dan seledri. Terdapat banyak makanan nan membantu membersihkan usus besar secara alami melalui pola makan seimbang.

2. Meminum air garam

Selain menghidrasi tubuh dengan air putih dan air hangat, Bunda juga bisa mencoba meminum air garam untuk membersihkan usus besar. Cara ini dapat menjadi pilihan bagi Bunda nan mengalami sembelit dan buang air besar tidak teratur.

Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa meminum larutan garam hangat secara berkala saat melakukan pose yoga lebih efektif dalam pembersihan usus sebelum kolonoskopi daripada larutan pembersih khusus. Studi lain pada tahun 2018 menemukan bahwa penggunaan larutan natrium fosfat dapat bekerja dengan baik dalam membersihkan usus besar. 

Jika Bunda mau mencoba meminum air garam, sebaiknya bicarakan dengan master terlebih dahulu. Jika Bunda siap mencobanya, Bunda dapat melakukannya dengan beberapa tips berikut ini.

  • Sebelum sarapan di pagi hari, minum campuran 2 sendok teh garam dengan air hangat. Bunda dapat  menggunakan garam laut alias garam Himalaya.
  • Kemudian, konsumsi air garam saat perut kosong. Dalam beberapa menit, Bunda mungkin merasakan kemauan untuk pergi ke bilik mandi.
  • Lakukan konsumsi air garam di pagi dan sore hari, dan pastikan untuk berada di dekat bilik mandi beberapa saat setelah minum. Bunda mungkin perlu pergi ke bilik mandi beberapa kali.

3. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Serat adalah makronutrien krusial nan kudu ada dalam makanan. Serat dapat ditemukan dalam makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan banyak lagi.

Tumbuhan mengandung selulosa dan serat nan membantu mengumpulkan kelebihan unsur di usus besar. Hal ini juga mengatur sembelit dan usus nan terlalu aktif sekaligus meningkatkan kuman berfaedah sebagai prebiotik. Pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan tinggi serat nan membantu menjaga kesehatan usus besar ya, Bunda.

4. Minum saribuah dan smoothie

Jus adalah pembersih usus besar nan menjadi primadona. Asupan saribuah dan smoothie sangat baik bagi pencernaan. Campuran saribuah mengandung beberapa serat dan nutrisi nan berfaedah bagi pencernaan, dan juga memberi hidrasi tambahan bagi tubuh. 

Selain itu, mengonsumsi buah dapat membantu meningkatkan mikrobioma usus dan pergerakan makanan melalui usus. Meminum saribuah dan smoothie juga dapat membantu mengurangi sembelit, Bunda.

5. Mengonsumsi saribuah detoks

Jus detoks nan terkenal untuk membersihkan usus di antaranya saribuah apel, saribuah lemon, dan saribuah sayuran. Jus detoks identik dengan kandungan buah dan sayur berserat tinggi dan mempunyai kandungan lain nan sangat baik bagi pencernaan.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa menjalani pola makan buah alias sayur selama tiga hari berpengaruh pada penurunan berat badan secara signifikan. Dalam mengonsumsi saribuah detoks, Bunda tidak perlu betul-betul tidak makan dan hanya minum saribuah detoks saja. Bunda dapat memasukkan minuman ini di sela pola makan Bunda setiap hari. 

6. Memilih pati resisten

Pati resisten mirip dengan serat. Kandungn ini dapat ditemukan dalam makanan nabati seperti kentang, nasi, kacang-kacangan, pisang hijau, dan biji-bijian.

Pati nan lebih resisten dapat meningkatkan kesehatan usus besar dengan meningkatkan mikroflora usus. Namun, pati resisten mengandung karbohidrat. Jika Bunda cemas perihal ini mengganggu diet, Bunda dapat memilih pati resisten nan lebih sehat seperti gandum utuh, pisang hijau, alias lentil.

7. Mengosumsi makanan kaya probiotik

Menambahkan probiotik ke dalam makanan adalah langkah lain untuk membersihkan usus besar. Makanan nan kaya bakal probiotik di antaranya yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya. Selain itu, Bunda dapat mendapatkan lebih banyak probiotik dengan mengonsumsi suplemen probiotik. 

Probiotik memasukkan kuman baik ke dalam usus dengan support serat dan pati resisten. Kandungan ini dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan loh, Bunda.

8. Meminum teh herbal

Teh herbal dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan membersihkan usus besar, Bunda. Bunda dapat meminum teh herbal seperti psyllium, lidah buaya, akar marshmallow, dan elm licin untuk membantu mengatasi sembelit. Pastikan Bunda berkonsultasi dengan master dan ikuti petunjuk dengan seksama sebelum meminum teh herbal nan dianjurkan ya, Bunda.

Bunda, itulah langkah membersihkan usus kotor dengan bahan alami. Mudah dilakukan di rumah, bukan? Semoga berfaedah ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda