7 Kesalahan Orang Tua Saat Hari Pertama Sekolah Anak, Bisa Berdampak Buruk Bun!

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Jakarta -

Hari pertama sekolah kudu disambut dengan emosi bahagia, Bunda. Meski begitu, ada beberapa kesalahan orang tua nan bisa membikin hari pertama sekolah anak menjadi buruk.

Anak-anak mungkin sudah menantikan hari pertama sekolah. Tidak hanya kembali berkumpul dengan teman-teman dan pembimbing tercinta, mereka juga sudah menanti untuk memakai seragam serta tas baru.

Sayangnya, beberapa orang tua tanpa sadar melakukan kesalahan dalam menyambut hari pertama sekolah. Hasilnya, hari pertama sekolah anak mungkin tidak se-menyenangkan nan mereka kira.


Banner Tahun Baru Islam

Kesalahan orang tua di hari pertama sekolah

Menilik dari laman Life Hacker, ada beberapa kesalahan orang tua di hari pertama sekolah nan tanpa sadar dapat berakibat jelek pada Si Kecil. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Mengekspresikan emosi negatif

Tidak semua orang menganggap sekolah adalah perihal nan menyenangkan. Terlebih jika mereka mempunyai pengalaman nan jelek saat bersekolah.

Hal ini mungkin dirasakan oleh banyak orang tua nan menganggap sekolah adalah perihal nan tidak menyenangkan dan banyak rintangan. Meski begitu, jangan biarkan ekspresi ini terlihat pada anak, ya.

2. Terlalu emosional saat mengantar anak

Bunda dan Ayah mungkin merasa emosional saat mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya. Meski begitu, reaksi Bunda dan Ayah nan berlebihan ini bakal menentukan suasana hati mereka.

Perasaan khawatir, protektif, alias sedih, tentu kudu diredakan dan dikendalikan. Momen penuh air mata ini kudu dihindari dan diganti dengan kata-kata 'Bunda cinta Anda dan Bunda tahu Anda bakal melakukan nan terbaik, jagoan'.

Kalimat ini bakal membikin anak merasa percaya diri, Bunda. Kemudian, jika Bunda mau menangis di dalam mobil sendirian, tentu sangat diperbolehkan.

3. Kurang persiapan

Ada banyak perihal nan perlu dipersiapkan ketika anak bakal memasuki hari pertama sekolah. Tidak hanya butuh perlengkapan menulis, mereka juga memerlukan seragam nan berbeda. Jadi, jangan lupa untuk pergi berbelanja, ya.

Sebelumnya, pastikan Bunda telah mendapatkan daftar alias list belanjaan dari guru. Pastikan anak mempunyai apa nan mereka butuhkan sebelum hari pertama sekolah.

4. Meminimalkan emosi anak

Jangan mengabaikan alias menganggap remeh pengalaman anak baik secara positif maupun negatif ya, Bunda. Aturan ini bertindak dalam pengasuhan anak secara umum, tetapi paling relevan terjadi saat kembali ke sekolah.

Bunda dan Ayah mungkin mau menghibur anak dengan kalimat, 'Kamu baru mulai sekolah. Itu bukan masalah nan besar'. Namun, perlu diingat bahwa ini mungkin saja menjadi masalah nan besar bagi Si Kecil.

Daripada meminimalkan emosi mereka dengan kalimat tersebut, ada baiknya untuk mendengarkan serta mengakui emosi mereka, Bunda. Setelahnya, yakinkan anak dan ceritakan hal-hal positif tentang sekolah.

5. Tidak mengatur waktu tidurnya

Selama berlibur, waktu tidur anak menjadi tidak konsisten, Bunda. Hal ini tentu perlu diperbaiki ketika mereka mulai masuk sekolah.

Tidak baik jika anak dibiarkan begadang saat hari pertama masuk sekolah. Jadi, luangkan waktu selama beberapa minggu sebelum sekolah dimulai untuk secara berjenjang membangun rutinitas waktu tidurnya.

6. Mengasuh anak secara berlebihan

Inti dari pengasuhan anak adalah mengatur kapan tepatnya membiarkan anak menangani segala sesuatunya sendiri dan kapan Bunda tahu perlu membantunya.

Awal tahun aliran baru adalah waktu nan tepat untuk mengajarkan kemandirian anak. Meski begitu, ketahui situasinya dan tetap bersikap suportif agar anak belajar dan tumbuh dari kesalahan serta tantangan, ya.

7. Tidak berjumpa dengan guru

Mengutip dari Best Life, Bunda dan Ayah kudu meluangkan waktu untuk berjumpa dan menyapa pembimbing nan bakal mengajar Si Kecil. Hal ini turut bertindak untuk anak nan baru saja naik kelas, ya.

Menurut penelitian di North Carolina State University, ketika orang tua lebih terlibat dalam kehidupan sekolah anak, Si Kecil bakal mempunyai prestasi akademik nan lebih baik, Bunda.

Demikian beberapa kesalahan nan dilakukan orang tua saat hari pertama masuk sekolah. Semoga bisa berfaedah ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(mua/fir)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda