7 Cara Membuat Salad Sayur Untuk Diet, Ternyata Tidak Bisa Asal Bun!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Menjalani program diet bukan berfaedah kudu menyiksa diri dengan rasa lapar. Salad sayur bisa menjadi pilihan tepat untuk menu diet nan sehat dan mengenyangkan.

Salad sayur menjadi pilihan makanan nan tepat untuk diet lantaran rendah kalori dan kaya bakal serat. Selain itu, salad sayur juga mudah dibuat dan praktis dibawa ke mana saja. 

Bunda bisa membikin salad sayur sendiri di rumah, baik untuk sarapan maupun dibawa berpergian. Jangan asal ya, Bunda, mengutip dari Parenting Firstcry, ini dia beberapa langkah membikin salad sayur untuk diet nan sehat dan membantu menurunkan berat badan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Masalah KesuburanBanner Masalah Kesuburan/ Foto: HaiBunda / Novita Rizki

Cara membikin salad sayur untuk diet

1. Pilih sayuran nan beragam

Dalam membikin salad sayur untuk diet, Bunda bisa gunakan beragam jenis sayuran untuk mendapatkan nutrisi nan lengkap. Sayuran hijau seperti bayam, selada, dan kale kaya bakal serat dan vitamin. 

Tambahkan juga sayuran berwarna seperti wortel, tomat, mentimun, dan paprika untuk menambah rasa dan vitamin. Bunda bisa menggunakan sayuran musiman nan segar dan mudah didapat. Sayuran lokal biasanya lebih murah dan ramah lingkungan.

2. Tambahkan protein

Protein membantu Bunda merasa kenyang lebih lama dan krusial untuk membangun dan memelihara otot. Bunda bisa menambahkan protein nabati seperti kacang-kacangan (kacang merah, kacang hitam, kacang almond), tempe, alias tahu.

Tidak lupa menambahkan protein hewani seperti telur rebus, ayam panggang tanpa kulit, alias salmon asap. Pilih protein nabati nan kaya bakal serat dan protein seperti kacang merah dan lentil.

Jika menggunakan protein hewani, pilihlah nan dimasak dengan langkah nan sehat seperti dipanggang, direbus, alias dikukus.

3. Gunakan karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti quinoa, beras merah, alias ubi jalar memberikan daya tahan lama dan membantu Bunda merasa kenyang. Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan nasi putih nan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Masak quinoa alias beras merah dengan air kaldu untuk menambah rasa dan nutrisi. Ubi jalar bisa dipanggang alias direbus dan dihaluskan sebagai pengganti nasi.

4. Masukkan lemak sehat

Lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, alias kacang-kacangan membantu Bunda menyerap vitamin nan larut dalam lemak dan membikin salad lebih lezat. Hindari lemak jenuh dan lemak trans nan terdapat dalam gorengan, makanan olahan, dan daging berlemak.

Gunakan extra virgin olive oil (EVOO) sebagai dressing salad. Alpukat bisa dipotong dadu dan ditambahkan ke dalam salad. Kacang-kacangan bisa ditaburkan di atas salad sebelum disajikan.

5. Buat dressing nan sehat

Hindari dressing salad nan tinggi kalori dan gula. Dressing siap pakai biasanya mengandung banyak gula tambahan, pengawet, dan perasa buatan.

Buat dressing sendiri dengan menggunakan bahan-bahan segar dan alami seperti minyak zaitun, cuka balsamik, perasan lemon, dan ramuan favorit Bunda.

Bunda bisa menambahkan sedikit madu alias sirup maple untuk pemanis alami. Variasikan rasa dressing dengan menambahkan ramuan dan rempah-rempah seperti oregano, basil, alias rosemary.

6. Tambahkan topping nan sehat

Sajikan salad dalam mangkuk nan menarik dan tambahkan topping nan Bunda sukai seperti biji-bijian (biji chia, biji rami), keju feta, alias crouton gandum utuh. Sajikan salad dalam porsi nan sesuai dengan kebutuhan kalori Bunda. Salad dingin terasa lebih segar dan renyah.

7. Variasikan resep

Cobalah beragam resep salad untuk menghindari kebosanan. Ada banyak resep salad nan bisa Bunda temukan di internet, kitab masak, alias aplikasi resep.

Sesuaikan resep salad dengan selera. Bunda bisa menambahkan alias menghilangkan bahan-bahan sesuai dengan preferensi Bunda. Gunakan bahan-bahan segar dan berbobot tinggi untuk mendapatkan rasa terbaik.

Tips membikin salad sayur untuk diet:

  • Cuci sayuran dengan bersih sebelum diolah untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.
  • Potong sayuran dengan ukuran nan sama agar matang merata dan mudah dimakan.
  • Sajikan salad segera setelah dibuat agar teksturnya tetap segar.
  • Bunda bisa menambahkan buah-buahan seperti apel, stroberi, alias jeruk untuk menambah rasa dan vitamin.

Dengan mengikuti tips di atas, Bunda bisa membikin salad sayur nan sehat, lezat, dan mengenyangkan untuk membantu program diet. Selamat mencoba!

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda