4 Jenis-jenis Ngidam Saat Hamil

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Meningkatnya hormon kehamilan membikin ibu mengandung ngidam sesuatu. Terkait perihal ini sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 50-90% ibu mengandung pernah mengalami rasa ngidam. Yaitu kerinduan alias kemauan nan menggebu-gebu terhadap sesuatu. Jenis-jenis ngidam saat mengandung pun beragam.


Tidak hanya jenis-jenis ngidam saat mengandung nan beragam, melainkan tingkat kesulitannya pun berbeda. Ada nan begitu mudah terlaksana, sementara ada nan perlu perjuangan ekstra untuk sekadar mendapatkannya. Sungguh pengorbanan sejati bagi para suami.


Jenis-Jenis Ngidam Saat Hamil


Ada beragam jenis ngidam saat mengandung nan lazim terjadi di bumi kehamilan, di antaranya:


1. Ngidam makanan manis

Mengidam makanan manis merupakan jenis ngidam saat mengandung nan umum terjadi, terkadang disebabkan oleh penurunan gula darah. Itulah sebabnya master bakal menyarankan makan dalam porsi mini namun sering dapat membantu ibu mengandung menghindari makan terlalu banyak gula. Cara lain membatasi kemauan ngemil nan kurang sehat dengan tidak melewatkan sarapan setiap harinya. Sebab tidak sarapan bisa memperkuat kemauan untuk ngemil.


2. Ngidam es dan non makanan

Selain makanan, jenis ngidam saat mengandung bisa juga berupa kemauan nan menggebu-gebu terhadap es krim, es batu. Bahkan sesuatu nan diluar makanan alias berupa barang apa pun, misalnya wadah makanan, bantal, baju, aroma bensin, dan banyak lagi.


3. Ngidam coklat

Seorang praktisi kesehatan dari San Francisco, Cyntia Belew mengatakan bahwa beberapa mengidam makanan mungkin perlu diperhatikan. Misalnya ibu mengandung nan kekurangan magnesium dapat memicu kemauan untuk makan coklat. Selain coklat, makanan nan kaya magnesium antara lain biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam. Begitu juga dengan kemauan makan daging merah tampak seperti seruan terhadap kebutuh protein. Jadi kemauan kuat tersebut bisa diartikan sebagai sirine bahwa tubuh kekurangan unsur gizi tertentu.


4. Ngidam makanan non favorit

Salah satu jenis ngidam saat mengandung adalah ngidam makanan nan tidak biasa dimakan. Misalnya, seorang vegetarian nan tiba-tiba ngidam makan daging. Jika ini nan terjadi, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan master apakah bisa terlaksana alias tidak. Atau bisakah mencari makan pengganti nan kandungan proteinnya setara alias mendekati daging seperti kacang-kacangan, telur, ikan.



Mulai Ngidam Saat Hamil


Kehamilan tiap orang berbeda-beda, namun secara umum ngidam saat mengandung dimulai pada akhir trimester pertama. Cenderung mencapai puncaknya di trimester kedua dan perlahan menurun saat berakhirnya trimester ketiga.


Ngidam saat mengandung muncul dari kemauan nan menggebu-gebu, terjadi begitu saja dan bisa terasa sangat kuat. Penyebabnya mungkin sebagian pengaruh hormon nan meningkat ekstrem nan dialami wanita hamil. Dampaknya sangat besar pada rasa dan bau, itu sebabnya jenis-jenis ngidam saat mengandung didominasi oleh makanan tertentu.


Satu perihal nan pasti bahwa rasa tidak suka dan mengidam makanan tertentu bisa melangkah beriringan. Di satu sisi ngidam makanan A, di sisi lain sangat tidak suka dengan makanan B. padahal keduanya mempunyai kandungan nutrisi nan banyak.



Pada trimester pertama, banyak ibu mengandung nan enggan makan daripada ngidam. Keengganan terhadap makanan terjadi ketika ibu mengandung tidak tahan untuk makan alias apalagi mencium suatu makanan. Ini kebalikan dari ngidam. Sama seperti ngidam, keengganan makan makanan tertentu sangat lumrah terjadi.


Kehamilan Menyebabkan Perubahan Nafsu Makan


Ada beberapa teori utama tentang kenapa kehamilan menyebabkan selera makan berubah dan kenapa makanan tertentu sangat diidamkan. Disebutkan bahwa kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya :


1. Perubahan hormonal

Kehamilan merupakan momentum perubahan hormonal nan begitu besar, terutama pada trimester pertama. Sama halnya dengan apa nan terjadi pada saat menunggu menstruasi, hormon kehamilan mungkin mengubah jenis kemauan ngemil nan dialami.


2. Perubahan sensorik

Perubahan hormon memengaruhi perubahan sensorik terhadap makanan, indera penciuman, dan suasana hati. Ketiga perihal tersebut menentukan jenis makanan nan diidamkan oleh ibu hamil. Banyak ibu mengandung nan jadi sensitif mencium aroma sesuatu. Hal ini tentu saja memengaruhi jenis makanan nan diidamkan dan nan wajib dihindari.


3. Mengubah kebutuhan gizi

Ibu mengandung mengalami peningkatan kebutuhan nutrisi seperti kalsium, unsur besi, protein dan banyak lagi. Karenanya ibu mengandung mendambakan makanan nan kaya bakal kandungan gizi tersebut.


Mums, itulah dinamika ngidam saat mengandung nan biasa terjadi. Apapun jenis-jenis ngidam saat mengandung nan dirasakan, pastikan tetap memperhatikan kebutuhan gizi harian. Agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.



Referensi

https://www.parents.com/what-to-know-about-pregnancy-cravings-7507166#toc-most-common-types-of-pregnancy-cravings

https://www.verywellfamily.com/pregnancy-cravings-5069392


Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan