3 Tips Mengasuh Anak Zaman Now Agar Tidak Kecanduan Gadget

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Bunda nan melahirkan antara tahun 2011 sampai saat ini bakal mendidik dan mengasuh anak-anak generasi Alpha. Generasi ini tentu sangat erat kaitannya dengan teknologi dan gadget.

Sayangnya, banyak orang tua nan membiarkan anak-anak generasi Alpha menggunakan gadget secara berlebihan. Hal ini tentu bakal menimbulkan beragam masalah pada tumbuh dan kembangnya.

Psikolog Anak dan Remaja, Mutia Aprilia mengungkapkan bahwa anak-anak era sekarang memang sangat lekat dengan gadget. Meski mempunyai akibat negatif, penggunaan gadget juga mempunyai banyak manfaat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Kalau untuk anak-anak era sekarang alias generasi Alpha memang sangat lekat dengan adanya gadget. Kita pun sebagai orang tua enggak bisa selamanya menjauhkan lantaran meski banyak negatifnya, enggak dipungkiri banyak pula positifnya," ujarnya dalam aktivitas Media Talk berbareng KemenPPPA, beberapa waktu lalu.

"Bahkan sekarang itu dalam pendidikan, banyak sekolah nan sudah mulai mewajibkan anaknya membawa gadget tertentu," sambungnya.

Tips mengasuh anak era now agar tidak kecanduan gadget

Dalam kesempatan nan sama, Psikolog Mutia turut membeberkan beragam tips mengasuh anak era now alias generasi Alpha, agar tidak kecanduan gadget. Berikut ini deretannya:

1. Jauhkan di usia 2 tahun pertama

Penggunaan gadget jenis apapun ada baiknya dihindari sebelum anak berumur 2 tahun, Bunda. Bukan tanpa alasan, perihal ini lantaran anak tetap dalam masa belajar berbicara. Jika terhambat, tentu bakal akan mengalami beragam masalah termasuk speech delay.

"Setelah jadi Ibu, ngerti banget untuk membikin anak ini anteng dulu jika sedang sibuk. Kalau misalnya mau video call tetap boleh, tapi jangan terlalu lama," jelas Mutia.

"Tapi kenapa usia 2 tahun pertama itu sebaiknya disterilkan dulu dari gadget? Karena ini masa-masanya dia belajar bicara. Kalau misalnya belajar bicara terus dia diintrupsi dengan diberikan gadget nan kelamaan, itu bisa terjadi speech delay alias keterlambatan bicara. Ini kasusnya banyak sekali," tambahnya.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang tips mengasuh anak era sekarang yang lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda