15 Tanaman Daun Ungu Yang Cantik Dan Kaya Manfaat Untuk Ditanam Di Rumah

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Apakah Bunda sedang mencari tanaman untuk mewarnai taman di rumah? Tanaman dengan daun ungu nan elok dapat menghiasi taman dengan indah, Bunda. Selain itu, tanaman ungu juga mempunyai banyak faedah untuk Bunda.

Tanaman dengan daun ungu bakal menambah warna, tekstur, dan ragam ke taman Bunda. Jika kembang berwarna-warni bakal lenyap seiring berjalannya waktu, tanaman berdaun ungu lebih awet dalam menghiasi taman Bunda.

Jika Bunda memilih tanaman dengan daun ungu, Bunda bakal mempunyai taman berwarna warni dengan spektrum warna nan luas. Bunda juga dapat memilih tanaman daun ungu nan berfaedah seperti bisa dikonsumsi alias dijadikan obat. 


Banner anak kecanduan gadget

Tanaman daun ungu nan cantik

Melansir dari Better Homes&Garden, Bunda dapat memilih 15 tanaman berdaun ungu nan elok dan berfaedah berikut ini.

1. Ayoga

Tanaman Ayoga juga dikenal sebagai bugleweed (Ajuga reptans). Tanaman ini tumbuh menyebar dan berukuran pendek, sehingga cocok ditanam pada taman nan minimalis. Bunda dapat menempatkan tanaman ayoga dimana saja, mulai dari tempat nan disinari mentari sepanjang hari hingga tempat nan teduh. 

2. Kremak

Tanaman kremak  datang dalam beragam warna, termasuk warna ungu dalam varietas Purple Prince. Tanaman ini dapat berkembang dalam kondisi di bawah sinar mentari nan cerah maupun teduh. Bunda dapat menanamnya pada musim panas lantaran tanaman ini bakal menumbuhkan daun-daun warna ungu nan indah. 

3. Begonia

Terdapat beberapa varietas warna daun dari tanaman begonia, salah satunya warna ungu nan cantik. Tanaman begonia bakal tumbuh subur pada tempat teduh nan lembab dan mempunyai drainase nan baik. Tanaman ini cukup mungkin dan hanya tumbuh hingga ukuran 25 cm.

4. Coleus

Coleus (Plectranthus spp.) dikenal dengan kaleidoskop warna nan luas, mulai dari merah, kuning, oranye, hingga ungu. Jika Bunda hendak menghias taman dengan tanaman nan berwarna indah, maka tanaman Coleus jawabannya. Bunda perlu meletakkan tanaman ini di bawah sinar mentari penuh dan menjaga drainase media tanam secara teratur.

5. Heuchera Coral Bells

Tanaman Heuchera Coral Bells cocok untuk Bunda nan mencari tanaman elok berwarna ungu cerah. Tanaman ini mempunyai daun berwarna-warni dan tahan pada segala cuaca. Tanaman ini relatif pendek dan hanya tumbuh hingga 30 cm. 

6. Talas

Bunda pasti familiar dengan tanaman satu ini. Tanaman umbi-umbian, talas, mempunyai daun berwarna ungu nan elok loh, Bunda. Jadi, selain memperindah taman di rumah, Bunda dapat menikmati buah talas nan lezat.

Saat menanam tanaman talas, letakkan tanaman ini di bawah sinar mentari penuh dan pastikan media tanam selalu lembab hingga basah ya, Bunda.

7. Bunga pinggiran

Bunga pinggiran (Loropetalum chinense var. rubrum) adalah tanaman kembang nan mempunyai daun ungu nan indah. Bunga ini tahan di beragam cuaca dan jarang terserang penyakit tanaman loh, Bunda. Bunda hanya perlu memastikan kelembapan media tanam terjaga dan drainasenya melangkah dengan baik.

8. Maple Jepang

Maple Jepang (Acer palmatum) dikenal lantaran warna dedaunannya nan indah. Tanaman maple jepang menghasilkan daun berwarna ungu nan cantik, Bunda. Tanaman ini biasanya tumbuh di suasana nan dingin dengan kelembaban tinggi. Cocok ditanam di wilayah pegunungan alias saat musim hujan nih, Bunda. 

9. Ninebark

Ninebark (Physocarpus opulifolius) adalah tanaman semak nan kuat dan mempunyai daun ungu nan cantik. Tanaman ini dapat memberikan privasi nan baik di rumah Bunda. Karena kuat, tanaman ini jarang terserang penyakit, Bunda. Bunda perlu menanam tanaman ninebark di bawah sinar mentari penuh dengan tanah berdrainase baik.

10. Kemangi hitam

Jika Bunda mencari tanaman berdaun ungu nan bermanfaat, maka Bunda dapat memilih kemangi hitam. Tanaman ini mempunyai daun berwarna ungu gelap dan menghasilkan kembang warna untuk nan cantik. Kemangi hitam tumbuh subur di bawah sinar mentari penuh dalam kondisi media tanam nan kering, namun cuacanya lembab.

11. Purple Fountain Grass

Untuk menambahkan ragam ketinggian tanaman dan tekstur dalam taman Bunda, Bunda dapat memilih tanaman purple fountain grass. Rumput hias ini tumbuh dengan sigap dan menghasilkan daun berwarna ungu tua nan panjang, seperti tali, dengan puncak berupa paku kembang halus.

12. Adam Hawa Ungu

Sesuai namanya nan melambangkan rasa cinta, tanaman ini berbentuk hati, Bunda. Tanaman adam hawa ungu juga dikenal dengan nama purple heart. Tanaman ini mempunyai daun berwarna ungu nan menawan.

13. Shamrock

Tanaman shamrock adalah tanaman kembang nan mempunyai daun berwarna ungu tua nan lebar. Warna daun ini nan bagus membuatnya kontras dan memberikan warna nan elok pada taman Bunda.

Bunda juga dapat menanam tanaman shamrock pada media tanah seperti hidroponik. Tanaman ini memerlukan sinar mentari penuh dan tumbuh subur dalam tempat nan lembab. Bunda kudu memastikan drainase media tanam melangkah dengan baik. 

14. Pohon asap

Jika Bunda mencari tanaman berdaun ungu nan warnanya sedikit kalem, maka pohon asap lah jawabannya. Baik pohon asap (Cotinus coggyria) dan asap Amerika tiga (Cotinus obovatus) dikenal lantaran warna daunnya nan cantik, salah satunya daun berwarna ungu. Tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar mentari penuh dan tanah nan gembur.

15. Ubi jalar

Tanaman berwarna ungu terakhir nan Bunda pasti kenal adalah tanaman ubi jalar. Tanaman ubi nan lezat rupanya mempunyai corak nan indah, Bunda. Tanaman ini terkenal digunakan untuk mempercantik taman lantaran daun ungunya nan lebar.

Bunda kudu menanam tanaman ubi jalar di bawah sinar mentari penuh dan dapat tumbuh subur dalam cuaca lembab. Media tanah nan digunakan kudu dikeringkan dengan baik agar tanaman tidak busuk.

Bunda, itulah 15 rekomendasi tanaman berdaun ungu nan elok untuk kebun Bunda di rumah. Tanaman mana nan Bunda mau miliki? Selamat bertani ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda