15 Minuman Yang Bagus Untuk Kesehatan Dan Kecerdasan Otak, Mudah Dibuat Bun!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Banyak orang mencari langkah sederhana untuk meningkatkan fokus, memori, dan produktivitas mereka. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa minuman nan bagus untuk meningkatkan kesehatan dan kepintaran otak.

Kesehatan otak, memori, konsentrasi, dan peningkatan kegunaan kognitif sangat krusial untuk kehidupan sehari-hari. Otak adalah organ utama dalam tubuh nan mengirimkan pesan ke beragam bagian tubuh dan membantu manusia beraktivitas setiap hari.

Jika mau meningkatkan kesehatan otak, Bunda juga perlu memperhatikan apa nan dimakan dan diminum. Sebab, pola makan memainkan peran krusial dalam menjaga style hidup sehat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 7 Kesalahan Orang Tua

15 Minuman nan bagus untuk kesehatan dan kepintaran otak

Berikut adalah beberapa jenis minuman mulai dari saribuah hingga teh nan bisa Bunda masukkan ke dalam daftar menu sehari-hari:

1. Jus buah beri

Melansir dari laman India.com, buah beri adalah salah satu makanan paling sehat untuk diet. Ini baik untuk kesehatan setiap bagian tubuh. Buah tersebut mempunyai anti-inflamasi, anti-oksidan nan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Selain itu, buah beri juga mempunyai bahan kimia tanaman, anthocyanin, nan dikenal untuk meningkatkan daya ingat.

2. Jus bit

Sayuran akar sangat sehat ini membantu melindungi terhadap radikal bebas nan merusak. Sayuran ini mempunyai nitrat untuk mengendurkan pembuluh darah sehingga menurunkan akibat tekanan darah nan selanjutnya berisiko terjadinya stroke otak dan demensia.

Manfaat lain nan bisa Bunda dapatkan dari bit adalah membantu meningkatkan oksigenasi sel dan aliran darah.

3. Kopi

Melansir dari laman CNN Indonesia, sebagian besar faedah kopi untuk didapat dari kafein. Selain itu, kandungan masam klorogenat dalam kopi juga bisa memengaruhi otak.

Sebuah ulasan mencatat bahwa kafein dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Ini juga melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer. Meski begitu, Bunda disarankan untuk tidak minum lebih dari 4 cangkir alias 400 miligram kopi per hari.

4. Kombucha

Ini adalah minuman fermentasi nan membantu kesehatan usus dan mikroba usus nan baik. Bunda bisa mengonsumsi minuman ini lantaran poros usus-otak juga memengaruhi kesehatan otak.

5. Jus buah delima

Delima adalah antioksidan dahsyat dan membatasi radikal bebas nan bisa merusak sel-sel otak. Antioksidan juga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan melindungi jantung.

Sistem kardiovaskular nan sehat identik dengan peningkatan kegunaan otak. Jus ini bisa dikonsumsi setiap hari pada pagi alias sore hari.

6. Jus wortel

Wortel dikenal dengan komponen sehatnya nan berfaedah bagi mata. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa makanan ini juga bagus untuk otak, Bunda.

Seperti sayuran berwarna lainnya, sayuran ini merupakan sumber antioksidan dan mempunyai kandungan beta-karoten nan tinggi. Jus wortel dapat mengurangi peradangan sel otak dan meningkatkan daya ingat.

7. Kakao

Sebuah penelitian di Harvard mengungkap bahwa dua cangkir kakao sangat membantu seseorang dalam meningkatkan daya ingat. Kakao mengandung flavanol nan menjaga tekanan darah tetap normal dan melemaskan lapisan pembuluh darah.

Kakao juga dikenal sebagai pemasok antioksidan dahsyat nan membatasi radikal bebas memengaruhi sel-sel otak. Kakao tidak boleh terlalu banyak mengandung gula dan sebaiknya dikonsumsi selagi tetap panas sebelum memulai aktivitas.

8. Jus jeruk

Melansir dari laman healthline, saribuah jeruk kaya bakal vitamin C, menariknya kandungan ini juga menawarkan faedah neuroprotektif.

Sebuah penelitian nan dilakukan pada 50 orang menunjukkan bahwa mereka nan mempunyai kadar vitamin C lebih tinggi di dalam darahnya dilaporkan mempunyai skor perhatian, memori, dan bahasa nan lebih baik.

9. Smoothie hijau

Jus alias smoothie hijau bisa melindungi kesehatan otak. Bayam, kangkung, brokoli, alias sayuran hijau lainnya mempunyai nutrisi seperti folat dan lutein, serta kaya bakal unsur besi dan magnesium. Semua nutrisi ini membantu meningkatkan kesehatan otak, kegunaan kognitif, dan juga melindunginya dari masalah neurodegeneratif.

10. Air lemon

Seluruh tubuh memerlukan air, termasuk otak. Saat dehidrasi, kegunaan mental terganggu. Air membentuk 75 persen volume otak dan bertindak sebagai peredam kejut alami.

Tambahkan perasan lemon ke dalam segelas air untuk menambah rasa dan nutrisi. Lemon mempunyai nutrisi tanaman nan melindungi sel dari kerusakan. Ditambah lagi, beberapa orang menganggap aromanya meningkatkan mood kerja.

11. Susu kunyit

Melansir dari laman Economic Times, susu kunyit hangat dan lembut terkadang disebut sebagai golden milk. Kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan sintesis aspek neurotropik nan diturunkan dari otak.

12. Kefir

Seperti kombucha, kefir adalah minuman fermentasi nan mengandung probiotik. Akan tetapi, ini terbuat dari susu fermentasi, bukan teh. Minuman ini dapat membantu kegunaan otak dengan mendorong pertumbuhan kuman sehat di usus.

13. Teh ginko biloba

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 2.600 orang menemukan bahwa tanaman ginko biloba dapat meringankan indikasi penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif ringan. Akan tetapi, sebagian besar penelitian nan tersedia berbobot rendah.

14. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein dan katekin. Menurut beberapa penelitian, ini membantu untuk merilekskan tubuh, meningkatkan fokus, memori, dan rentang perhatian juga.

15. Teh ginseng

Akar ini telah menjadi bahan pokok pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Ini dapat membantu meningkatkan stamina, konsentrasi, dan daya ingat.

Beberapa bukti mendukung penggunaan ginseng untuk sifat neuroprotektif dan meningkatkan kegunaan otak, namun penelitian lain tidak menunjukkan pengaruh apa pun.

Nah, itulah beberapa minuman nan bagus untuk kesehatan dan kepintaran otak. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda