10 Tips Persiapan Ujian Sekolah Untuk Anak

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Tidak hanya anak, orang tua pun dibuat repot dengan masa-masa ujian sekolah. Sebab beragam persiapan ujian sekolah mesti dilakukan jauh-jauh hari. Hal ini tentu saja bermaksud agar ujian sekolah melangkah lancar tanpa gangguan berarti.


Terlebih bagi anak-anak usia SD nan relatif belum berdikari dan tetap sangat berjuntai pada orang tua. Persiapan ujian sekolah jadi tanggung jawab penuh orang tua melampaui anak itu sendiri. Di sinilah orang tua mesti proaktif melakukan beragam persiapan ujian sekolah si mini agar dia bisa mengikutinya dengan baik.


10 Tips Persiapan Ujian Sekolah


Untuk memastikan anak siap mental dan materi dalam menghadapi ujian, berikut ini 10 tips persiapan ujian sekolah untuk anak nan bisa dilakukan Mums di rumah:


1. Ingatkan agenda ujian

Langkah pertama adalah mengingatkan anak soal agenda ujian nan semakin dekat. Lakukan ini beberapa bulan sebelum masa ujian tiba. Mums bisa menuliskannya di almanak alias memasang sirine di handphone. Dengan begitu anak tahu tanggal ujian dan bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari.


2. Menjadi nan terbaik

Ingatkan anak bahwa ujian sekolah merupakan arena untuk membuktikan bahwa dirinya bisa meraih prestasi terbaik sesuai potensinya. Tidak untuk membandingkan dengan anak lain, agar dia bisa konsentrasi pada dirinya sendiri.


3. Banyak berlatih

Latihan nan dilakukan secara rutin bakal mengasah keahlian akademis anak. Semakin banyak berlatih, anak semakin percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Selain itu anak berkesempatan terus memperbaiki diri dari latihan-latihan nan dilakukan. Karena itu salah satu langkah persiapan ujian sekolah adalah dengan membantu anak latihan soal-soal di rumah. Hal ini juga krusial untuk anak beradaptasi dengan situasi ujian sekolah sehingga mengurangi tingkat stress nan dirasakan.


4. Durasi nan efektif

Latihan persiapan ujian sekolah bukan soal lamanya lama waktu nan dihabiskan melainkan seberapa efektif waktu tersebut. Sesi latihan 15 menit namun efektif jauh lebih baik daripada 50 menit namun tidak efektif. Jadi Mums bisa mendorong anak untuk menyelesaikan tugasnya dalam waktu singkat dengan langkah berkonsentrasi penuh tanpa distraksi apapun.


5. Simulasi ujian

Untuk melatih mental anak, Mums bisa menciptakan suasana menyerupai ujian. Misalnya dengan mengerjakan soal-soal latihan di dalam bilik nan didesain seperti ruang kelas. Gunakan pengatur waktu, hilangkan gangguan, jauhkan dari perangkat elektronik. Agar anak konsentrasi dan merasakan atmosfer ujian sekolah.


6. Pastikan anak sehat dan fit

Ini salah satu kunci krusial persiapan ujian sekolah. Pastikan kondisi bentuk anak sehat dan fit sehingga dia bisa menjalani ujian dengan maksimal. Caranya dengan pola makan sehat dan rehat nan cukup. Batasi jam bermain agar anak tidak kelelahan. Pastikan tidurnya cukup agar mood-nya terjaga dengan baik.


7. Motivasi dan berpikir positif

Persiapan ujian sekolah merupakan proses nan panjang, lantaran itu krusial sekali untuk terus memberikan support dan motivasi pada anak. Pastikan dia tetap optimis dan berpikir positif bahwa dirinya bisa menghadapi ujian sekolah dengan baik. Afirmasi dan support positif pada anak bakal sangat menguatkan mental dan pikirannya.


8. Mengulang materi

Bantu anak untuk membaca ulang dan merangkum materi krusial pelajaran nan bakal diujikan. Langkah persiapan ujian ini perlu dilakukan agar lebih konsentrasi pada materi tertentu nan sekiranya bakal keluar dalam ujian. Hal ini juga memudahkan anak saat melakukan pendalaman materi.


9. Berkomunikasi dengan pembimbing

Langkah ini bisa dilakukan sebagai langkah persiapan ujian anak dengan menanyakan keahlian alias pencapaian anak dan kelemahan pada materi tertentu, sehingga bisa mengatur strategi belajar nan tepat. Selain itu, komunikasi ini sebagai corak support moral pada anak dan pembimbing dalam menghadapi ujian. Komunikasi nan baik antara pembimbing dan orang tua bakal semakin menambah kepercayaan diri anak lantaran merasa mendapatkan support dan perhatian penuh dari orang tua dan gurunya.


10. Tetapkan rutinitas

Atur agenda harian anak agar lebih terukur dan terkontrol dengan baik. Sehingga keseimbangan antara belajar, bermain, dan rehat bisa terpenuhi dengan baik. Kondisi ini sangat krusial untuk memberikan kesempatan tubuh melakukan tugas dan menerima haknya. Abaikan aktivitas nan tidak krusial dan membuang daya anak. Saatnya konsentrasi pada persiapan ujian sekolah agar melangkah lancar.


Mums, itulah 10 tips persiapan ujian sekolah anak nan bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum masa ujian tiba. Dengan persiapan nan matang dan maksimal, nyaris bisa dipastikan anak bakal bisa melaksanakan ujian dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal sesuai potensi dirinya.




Referensi

https://plytime.com/8-top-tips-to-help-your-child-prepare-for-exams/

https://www.todaysparent.com/kids/how-to-help-your-child-prepare-for-exams/


Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan