10 Kehamilan Unik Di Dunia, Salah Satunya Perempuan Melahirkan 69 Bayi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Setiap kehamilan berbeda. Tidak semua ibu mengandung mengalami perubahan bentuk dan emosional nan sama selama mengandung janin.

Tak hanya itu, setiap kehamilan juga bisa unik dan aneh. Tidak sedikit di antaranya apalagi sukses viral hingga menarik perhatian dunia.

Beberapa kehamilan unik dan asing biasanya tercatat di Guinness World Records lantaran dianggap sebuah rekor alias sesuatu nan baru, Bunda. Beberapa di antaranya seperti wanita nan melahirkan 69 bayi semasa hidupnya, hingga melahirkan bayi paling mungil di dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Kehamilan unik dan asing di dunia

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari beragam sumber 10 kehamilan unik dan asing di bumi nan sempat mencuri perhatian banyak orang:

1. Perempuan melahirkan bayi terpanjang di dunia

Pada Januari 1987, seorang wanita berjulukan Anna Bates melahirkan bayi terpanjang nan pernah tercatat oleh Guinness World Records. Bayi nan dilahirkan Bates ini mempunyai panjang 28 inci alias 71,12 sentimeter (cm) dengan berat nyaris 10 kilogram (kg).

Bayi nan diberi nama Babe itu sayangnya tidak bisa memperkuat hidup, Bunda. Dilansir laman Live Science, Babe meninggal 11 jam setelah dilahirkan. Menurut sumber, kedua orang tua Babe mempunyai tinggi badan nan juga cukup mencengangkan. Tinggi sang ayah, Martin Van Buren Bates, sekitar 236 cm, sementara ibunya, Anna Bates, mempunyai tinggi badan 241 cm.

2. Perempuan melahirkan bayi terkecil di dunia

Bila ada bayi baru lahir terpanjang, ada pula bayi dengan panjang lahir mini di dunia. rekor bayi terpendek ini juga dicatat oleh Guinness World Records, Bunda.

Ia adalah seorang bayi wanita berjulukan Nisa Juarez. Lahir pada 20 Juli 2002, Juarez mempunyai panjang lahir 9,44 inci alias 24 cm, dengan berat 320 gram. Bayi asal Amerika Serikat ini lahir prematur di usia 108 hari di Children's Hospital and Clinic, Minneapolis, Minnesota. Setelah lahir, dia dirawat di rumah sakit dan baru keluar pada 6 Desember 2002.

3. Perempuan melahirkan 69 bayi selama hidupnya

Kisah unik kehamilan dan melahirkan juga dialami seorang wanita nan hidup di abad ke-18. Perempuan nan diketahui istri seorang petani dari Rusia ini melahirkan 69 bayi semasa hidupnya.

Namun, dia tidak melahirkan sebanyak 69 bayi dari 69 kehamilan ya. Ia melahirkan 16 pasang anak kembar, tujuh pasang kembar tiga, dan empat pasang kembar empat. Kasus kelahiran unik ini dilaporkan ke Moskow oleh Biara Nikolsk pada 27 Februari 1782, nan mencatat setiap kelahiran di sana.

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Laki-laki mengandung saudaranya

Pada tahun 1999, seorang laki-laki asal India berjulukan Sanju Bhagat diketahui mengandung setelah perutnya terus membesar. Awalnya, master menyangka Bhagat terkena tumor. Pria 36 tahun ini pun menjalani prosedur operasi.

Saat operasi, master bukannya menemukan tumor, malah janin utuh nan telah rusak. Bhagat diketahui telah mengandung janin nan juga saudaranya sejak di dalam kandungan sang Bunda.

5. Bayi paling prematur nan memperkuat hidup

Rekor bayi lahir paling prematur dipegang oleh bayi laki-laki berjulukan Curtis Means, nan lahir setelah 21 minggu di dalam rahim. Means lahir dengan berat 420 gram.

Sang Bunda, Michelle Butler, melahirkan Means pada Juli 2020, dengan kesempatan bayinya untuk memperkuat hidup hanya kurang dari 1 persen. Means diketahui mengalami beberapa komplikasi kesehatan akibat persalinan dini, termasuk hipertensi nan kudu diobati dan pemberian makan melalui selang untuk menjaga asupan kalorinya setelah dilahirkan.

6. Bunda mengandung dan melahirkan bayi kembar sembilan

Halima Cisse melahirkan sembilan anak di Maroko, Afrika Utara, pada 5 Mei 2021. Dari sembilan anak, lima adalah anak wanita dan empat anak laki-laki, Bunda. Dikutip dari Associated Press, berat bayi-bayi Cisse ini berkisar antara 500 gram sampai 1 kg.

Cisse nan semula diperkirakan hamil tujuh bayi ini sukses melahirkan sembilan bayi melalui operasi caesar di usia kehamilan 30 minggu. Kelahiran sembilan anak kembar alias nonuplet ini sukses memecahkan rekor bumi kelahiran kembar terbanyak nan memperkuat hidup.

7. Embrio tertua nan dilahirkan cukup bulan melalui bayi tabung

Bayi kembar dari embrio nan dibekukan selama 30 tahun lahir pada 31 Oktober 2022. Mereka adalah Lydia dan Timothy. Menurut National Embryo Donation Center, Lydia dan Timothy lahir dari embrio nan paling lama dibekukan dan menghasilkan kelahiran hidup.

Mengutip New York Post, embrio Lydia dan Timothy dibekukan pada 22 April 1992. Embrio tersebut berasal dari seorang pasangan suami itsri, di mana sang suami diketahui sudah meninggal bumi sebelum embrio menghasilkan kelahiran hidup

Embrio nan dibekukan 30 tahun lampau itu disimpan di laboratorium kesuburan di West Coast sampai tahun 2007. Pasangan suami istri nan mempunyai embrio ini lampau mendonasikannya ke National Embryo Donation Center di Knoxville, Tennessee, dengan angan pasangan lain dapat menggunakannya. Philip Ridgeway dan istrinya menjadi pasangan suami istri nan akhirnya menggunakan embrio ini untuk menambah momongan.

8. Ibu tertua nan mengandung dan melahirkan anak

Erramatti Mangayamma menjadi ibu tertua di bumi nan mengandung dan melahirkan anak. Ia melahirkan anak kembar melalui operasi caesar di usia 74 tahun pada September 2019.

Selama 55 tahun, Mangayamma dan suaminya mencoba punya anak. Pada 2018, keduanya memutuskan untuk menjalani prosedur bayi tabung di Ahalya Hospital, India.

Sebelumnya pada 2006, wanita berjulukan Maria del Carmen Bousada Lara juga sempat dilaporkan melahirkan di usia tua, ialah 66 tahun 358 hari. Lara menjalani program bayi tabung dan sempat mendusta pada klinik tentang usianya. Saat itu, dia mengaku usianya 55 tahun.

9. Seorang wanita tak sadar sudah mengandung 15 tahun

Seorang wanita di Khartoum, Sudan, mengandung janin meninggal selama 15 tahun. Mulanya, wanita 60 tahin ini mengeluh nyeri perut.

Apa nan dialami wanita ini disebut lithopedion alias kehamilan ektopik terkalsifikasi. Kondisi ini terjadi ketika janin meninggal selama kehamilan tapi terlalu besar bagi tubuh untuk menyerapnya.

Perempuan nan tidak diketahui identitasnya ini diketahui sukses mengeluarkan janin meninggal dengan operasi. Langkah tersebut diambil setelah master menimbang kondisi janin dan aspek akibat nan mungkin terjadi.

10. Laki-laki mengandung dan melahirkan

Thomas Beatie menjadi laki-laki pertama di bumi nan melahirkan seorang anak pada tahun 2011. Bukan tanpa karena ya, Bunda. Ternyata, Beatie dulunya adalah perempuan.

Ia memutuskan mengubah jenis kelaminnya, termasuk melakukan terapi hormon dan operasi pengangkatan payudara. Tetapi, Beatie tetap mempertahankan organ reproduksinya.

Istri Beatie, Nancy, tidak bisa mengandung lantaran masalah kesehatan. Akhirnya, Beatie pun melakukan donor sperma dan sukses mengandung hingga akhirnya melahirkan.

Demikian 10 kehamilan dan kejadian melahirkan nan unik di dunia.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(ank/ank)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda