10 Cara Menghilangkan Stres Pada Wanita Agar Lebih Bahagia

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Jakarta -

Stres pada wanita dapat muncul sebagai masalah bentuk dan psikologis, termasuk kecemasan, gangguan tidur, dan perubahan pola menstruasi. Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah menghilangkan stres nan bisa dilakukan agar lebih bahagia.

Perempuan di masa sekarang memainkan banyak peran sekaligus, dan lantaran salah satu peran ini dapat menyita banyak waktu, menemukan keseimbangan waktu nan tepat untuk mengabdikan diri pada beragam bagian kehidupan lain memerlukan perencanaan nan strategis.

Stres pada wanita bisa tidak terdeteksi lantaran condong menunjukkan dan mengalami indikasi nan berbeda dari laki-laki. Maka dari itu, Bunda dianjurkan untuk memahami lebih lanjut mengenai masalah ini untuk menemukan solusinya.


Banner anak kecanduan gadget

Apa itu stres?

Stres adalah respons tubuh terhadap kejadian sehari-hari nan terjadi dalam hidup. Meski ini dapat berkarakter positif dan memotivasi wanita untuk mencapai tujuan penting, stres juga dapat berkarakter negatif dan merusak, nan berakibat jelek pada banyak aspek kehidupan.

Ketika stres menjadi kronis alias berlebihan, bakal lebih susah untuk beradaptasi dan mengatasinya. Stres kronis menumpuk sehingga stres tampak seperti langkah hidup normal bagi sebagian perempuan.

Sering kali wanita begitu sibuk sehingga mereka tidak meluangkan waktu untuk beristirahat cukup lama guna memikirkan gimana stres berakibat negatif pada mereka.

Penyebab stres

Melansir dari laman Cleveland Clinic, ada banyak penyebab stres. Laki-laki dan perempuan memiliki banyak sumber stres nan sama, seperti masalah keuangan, keamanan kerja, kesehatan, dan masalah hubungan.

Mungkin nan sedikit lebih unik bagi wanita adalah banyaknya peran nan mereka ambil. Dalam masyarakat saat ini, peran wanita sering kali mencakup tanggungjawab keluarga, mengasuh anak-anak dan/atau orang tua lanjut usia, dan tanggung jawab pekerjaan serta peran lainnya.

Ketika tuntutan untuk memenuhi peran ini meningkat, wanita dapat merasa kewalahan dengan tekanan waktu dan tanggungjawab nan tidak terpenuhi. Mereka mungkin merasa kandas lantaran tidak dapat memenuhi angan untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Sering kali wanita menghabiskan lebih banyak waktu untuk memenuhi kebutuhan orang lain daripada memenuhi kebutuhannya sendiri. Jika berfaedah pada tingkat stres nan tinggi, wanita mungkin apalagi tidak mengenali apa kebutuhan mereka.

Tanda wanita alami stres

Melansir dari laman Medical News Today, stres dapat berkisar dari ringan hingga berat, dan tanda-tandanya bisa beragam dari orang ke orang. Berikut adalah tanda-tanda stres nan dialami perempuan.

Gejala emosional dapat mencakup:

  • Mudah tersinggung dan perubahan suasana hati
  • Kecemasan alias kekhawatiran
  • Depresi
  • Merasa kewalahan alias tidak berdaya
  • Penurunan minat dalam beraktivitas
  • Penurunan libido

Adapun indikasi fisiknya meliputi:

  • Sakit kepala alias migrain
  • Sulit tidur
  • Kelelahan
  • Perubahan nafsu makan, seperti makan berlebihan alias kehilangan nafsu makan
  • Otot nan tegang
  • Sakit punggung
  • Sistem kekebalan tubuh melemah
  • Tekanan darah meningkat
  • Masalah pencernaan, seperti sakit perut alias mual
  • Ketidakteraturan alias perubahan menstruasi
  • Masalah kulit, seperti jerawat alias ruam

Sementara itu, ada juga beberapa indikasi kognitif seperti berikut ini:

  • Sulit membikin keputusan
  • Mudah lupa
  • Pikiran nan penuh
  • Sulit konsentrasi alias tetap konsentrasi pada satu tugas

Apakah stres wanita dan laki-laki sama?

Menurut survei stres di Amerika nan dilakukan pada Oktober 2023 oleh American Psychological Association (APA), wanita condong melaporkan tingkat stres nan lebih tinggi dan mengalami lebih banyak indikasi bentuk dan emosional daripada laki-laki.

Selain itu, wanita condong setuju bahwa tidak ada orang lain nan memahami sungguh stresnya mereka dan mereka susah untuk mengelolanya.

Studi pada 2021 menyelidiki respons stres di Italia nan menyoroti bahwa fitur biologis dan psikologis dapat memengaruhi gimana seseorang merespons stres. Para penulis menyarankan bahwa penentu utama respons stres meliputi sikap seseorang terhadap hubungan dan tingkat kepercayaan darinya.

10 Cara menghilangkan stres pada wanita

Jika sedang mengalami stres, Bunda dapat mengatasinya dengan beberapa langkah sederhana dan efektif berikut ini:

1. Lakukan olahraga teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur sembari mengurangi tingkat stres dan akibat masalah kesehatan nan berangkaian dengan stres.

2. Dapatkan tidur nan berkualitas

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur setidaknya selama 7-9 jam per malam. Hal ini dilakukan untuk mendukung kesejahteraan keseluruhan dan manajemen stres.

3. Terapkan kebiasaan makan sehat

Menghindari pemanis buatan, makanan olahan, kafein, dan alkohol dapat membantu mengatur suasana hati dan mengurangi tingkat stres alias kecemasan.

4. Mencari dukungan

Sistem pendukung nan kuat dapat memberikan support emosional dan praktis selama stres. Teman, keluarga, alias terapis dapat menawarkan pengarahan dan mendengarkan.

5. Berlatih kesadaran

Melatih kesadaran diri dengan meditasi alias yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan rasa tenang dan kesadaran.

6. Pola makan nan sehat

Melansir dari laman healthline, mengonsumsi makanan seimbang nan kaya buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak dapat mendukung kesejahteraan secara keseluruhan dan pengelolaan stres.

7. Selalu bersyukur

Bunda bisa membikin jurnal nan berisi rasa syukur untuk konsentrasi pada aspek positif kehidupan dan mengurangi konsentrasi pada pemicu stres.

8. Cari kegemaran dan minat

Terlibat dalam aktivitas nan disukai untuk menghilangkan stres dan meningkatkan rasa puas. Oleh lantaran itu, Bunda dianjurkan untuk mencari aktivitas nan menyenangkan.

9. Hindari kebiasaan mengatasi masalah nan tidak sehat

Perempuan juga rentan menghadapi stres dengan langkah nan kurang sehat, seperti minum alkohol, merokok, dan makan lantaran emosi. Oleh lantaran itu, Bunda perlu menghindari beberapa langkah tersebut.

10. Temukan waktu untuk diri sendiri

Penting bagi perempuan, terutama jika mereka adalah seorang ibu, untuk meluangkan waktu secara teratur untuk melakukan hal-hal menyehatkan jiwa dan membikin kita merasa hidup. Jika tidak, kita bisa mengalami kelelahan.

Nah, itulah beberapa langkah menghilangkan stres pada wanita agar lebih bahagia. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/asa)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda